Organ Pengangkut pada Tumbuhan


Tumbuhan dapat bertahan hidup karena terdapat organ pengangkut pada tumbuhan. Pada organ-organ yang terdapat pada bagian dalam tumbuhan memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Adapun tugas yang dilakukan antara lain mengangkut air dan mineral dari tanah ke seluruh bagian tanaman. Adapula yang mengangkut hasil dari fotosintesis ke bagian pembuluh dan struktur tanaman agar dapat terus bertahan hidup.

Organ Tumbuhan

Setiap tanaman yang memiliki kambium, pada batangnya akan tampak jelas letak perbedaan strukturnya. Hal tersebut dikarenakan tanaman tersebut memiliki organ pengangkut pada tanaman yang terdiri dari xylem dan floem. Salah satu tugas xylem atau pembuluh kayu yaitu mengangkut air dan mineral dari tanah yang kemudian diserap oleh rambut akar pada tanaman kemudian dilanjutkan pada bagian epidermis yang akan diterima pada bagian korteks.

Pada bagian endodermis akan melanjutkan air,garam dan mineral menuju bagian xylem batang dan xylem daun. Kemudian proses akan berakhir pada parenkim mesofil daun yang kemudian digunakan untuk bahan utama proses fotosintesis. Proses pengangkutan tanaman pada pembuluh xylem ini disebut juga pengangkutan intravaskular. Organ pengangkut tanaman yang kedua adalah floem atau pada umumnya disebut juga pembuluh tapis.

Pada jaringan pengangkut terjadi pengangkutan translokasi yang merupakan pengangkutan hasil dari fotosintesis menuju organ tanaman lain yang sedang membutuhkan. Berbeda dengan tugas xylem yang mengangkut air,garam,dan mineral satu arah dari tanah ke daun saja.

Tugas floem dapat mengangkut hasil fotosintesis dari satu bagian ke segala arah. Sebagian besar zat gula dan sukrosa terlarut dalam getah pembuluh floem sehingga dapat mengangkut zat-zat lebih kompleks dari xylem.

Zat yang diangkut antara lain seperti mineral beserta asam amino dan hormon. Setiap pembuluh tapis memiliki sebuah berkas yang didalamnya terdapat cairan floem. Cairan tersebut diangkut satu jalur sedangkan dalam pipa lain tetapi masih ada di dalam satu berkas tersebut masih terdapat cairan lain yang berlainan arah.

Kesimpulan Organ Pengangkut

Pada kesimpulannya oksigen dan karbondioksida di udara diserap oleh daun sedangkan air dan mineral diserap oleh akar dari tanah. Semua proses tersebut berjalan secara berkesinambungan.

Sekarang kita dapat memahami bagaimana Maha Besarnya Sang Pencipta mengatur semua yang ada di bumi. Tanaman dapat memasak makanannya sendiri atas kehendakNya. Hendaknya kita renungkan sejenak mengenai hal ini agar senantiasa selalu mendekatkan diri pada Tuhan.

Selanjutnya : Penjelasan Macam-Macam Glass Di Bar
Sebelumnya: Program Acara TV ANTV
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar