Ad/Art Organisasi


Organisasi

Sebuah organisasi tentunya memiliki ad/art organisasi yang menjadi acuan arah pergerakan sebuah organisasi, tanpa ad/art sebuah organisasi ibarat tubuh tanpa tulang, artinya tidak ada penyanggah, penguat organisasi tersebut dan menyebabkan kelumpuhan di badan organisasi.

Ad/art merupakan sebuah aturan organisasi yang mutlak dimiliki oleh setiap organisasi, yang mengatur semua hal yang berkaitan dengan visi, misi, tujuan, serta fungsi, dan tanggung jawab anggota-anggota yang berada di dalamnya.

Aturan ini merupakan satuan hukum yang berlaku dalam sebuah organisasi baik ketua dan para anggotanya, apalagi yang memiliki jabatan fungsional tentunya memiliki tanggung jawab lebih sesuai jabatan yang diamanahkan kepadanya.

Ad/art dibuat berdasarkan kesepakatan bersama seluruh anggota dalam suatu musyawarah besar, biasanya dilakukan pada kurun waktu tertentu. Umumnya organisasi-organisasi kecil seperti unit organisasi di kampus, ad/art dibuat dan diperbaharui dilakukan setiap pergantian kepemimpinan dan evaluasi kerja selama satu tahun berjalan kepemimpinan sebelumnya, sekaligus pemilihan pemimpin yang baru.

Setiap anggota organisasi berhak memberikan pendapat dan memiliki hak yang sama untuk mengubah, memperbaiki, atau tetap mempertahankan pasal yang telah ada, karena dianggap sudah tepat pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ad/art biasanya dibuat per bab, per pasal, per ayat yang menerangkan aturan-aturannya secara terperinci. Aturan-aturan tersebut dibuat sesuai dengan kebutuhan dan aplikasi di lapangan, mengingat bahwa setiap organisasi memiliki kepentingannya dan tujuan masing-masing. Aturan yang dibuat pun berdasarkan pada kepentingan tujuan dan relevan sehingga dapat dijalankan dengan maksimal oleh seluruh anggota organisasi tanpa terkecuali.

Dalam ad/art tidak hanya memuat tentang visi, misi, tujuan, dan kepentingan organisasi belaka, namun memuat pula sanksi hukuman bagi siapa saja anggota yang melanggar aturan-aturan yang ada dalam organisasi yang telah disepakati bersama.

Ad/art organisasi tidak hanya sebagai tiang penyanggah kekuatan suatu organisasi, lebih dari itu ad/art memuat semua aturan dan berbadan hukum yang disahkan dan disepakati bersama dalam musyawarah besar yang diikuti oleh semua anggota organisasi.

Meliputi aturan dasar maupun aturan rumah tangga, yang setiap tahunnya mengalami perubahan dan perbaikan, bahkan membuat dan menambahkan aturan baru atau menggantikan aturan yang telah ada dengan yang baru, dengan maksud organisasi menjadi lebih baik dan berkembang.

Selanjutnya : Mengenal Para Sesepuh Banten
Sebelumnya: Jurus Hinata Paling Hebat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar