Beberapa Hewan Menjadi Organisme yang Langka di Indonesia

Hewan yang sudah masuk kategori organisme yang langka di Indonesia harus benar-benar diperhatikan supaya tidak punah. Bisa dikatakan langka jika sedikitnya jumlah organisme tertentu di seluruh dunia, kurang dari 10.000. Organisme langka pada umumnya sulit untuk mengembalikan jumlah populasinya ke jumlah semula secara alami.

Penyebab terancam punahnya hewan di antaranya karena tingkat reproduksi yang rendah, ulah manusia, seperti membakar serta menebang hutan, dan perburuan secara liar untuk diambil kulit, tanduk, bulunya, dan lain-lain.

Loading...

Usaha dari pemerintah guna melindungi hewan langka antara lain dengan mendirikan cagar alam serta suaka margasatwa. Tujuannya membantu pelestarian tumbuhan serta hewan di habitat alaminya. Selain itu, melakukan penangkaran hewan langka.

Caranya, hewan ditangkap di alam bebas, lalu dirawat serta diupayakan berkembangbiak. Kemudian dilepas di habitat yang cocok. Membuat undang-undang tentang perburuan pun menjadi salah satu upaya pemerintah melestarikan hewan yang terancam punah ini.

Hewan Langka

Berikut ini jenis hewan langka di tanah air:

• Harimau Sumatra

Walau mulai langka, harimau sumatra masih diburu dengan liar.

• Buaya Sinyulong

Buaya sinyulong makin langka saja akibat kebakaran serta pembukaan lahan di habitatnya, berupa hutan rawa. Hewan ini bisa ditemukan di Pulau Sumatra.

• Jalak Bali

Hewan yang terdapat di Pulau Bali ini terancam punah akibat pembukaan hutan guna pembangunan industri serta pembukaan lahan.

• Macan Tutul Jawa
Macan di Pulau Jawa ini terancam punah akibat pembukaan hutan guna pembangunan serta pembukaan lahan.

• Bekatan Kahau, Orang Utan, dan Jelutung

Ketiga hewan yang terdapat di Pulau Kalimantan ini terancam punah akibat pembukaan hutan untuk perkebunan. Pembukaan hutan kerap dilakukan dengan membakar hutan.

• Anoa, Krabuku Kecil, Burung Rangkong, dan Maleo Senkawor

Hewan-hewan di Pulau Sulawesi ini terancam punah, karena perburuan liar dan pengrusakan hutan.

• Kasuari Kepala Hitam

Hewan yang terdapat di Papua ini makin langka akibat penangkapan serta perdagangan liar.

Kepunahan suatu organisme akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem secara alami. Karena itu, hewan-hewan yang sudah masuk kategori organisme yang langka perlu dijaga dari kepunahan.

Loading...
Selanjutnya : Mengenali Lebih Dekat Soal Ilmu Tarbiah
Sebelumnya: Kolibri Burung Penghisap Madu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar