Pahlawan Nasional yang Berasal dari Jawa Barat


Oto Iskandar Dinata dan RE Martadinata adalah nama-nama jalan yang sangat terkenal di kota Bandung. Nama-nama itu memang diambil dari beberapa tokoh pahwalan nasional yang berasal dari Jawa Barat.

Oto Iskandar Dinata adalah seorang guru. Selain sebagai guru, dia juga dikenal sebagai pejuang kemerdekaan. Selain aktif di Boedi Oetomo, Oto juga aktif dalam organisasi budaya Sunda, yaitu Paguyuban Sunda.

Perjuangannya untuk Indonesi sudah dimulai sejak sebelum Indonesia merdeka. Saat masih di bawah kekuasaan Belanda, Oto pernah menjadi salah satu anggota dewan Hindia Belanda.

Dia juga sempat memimpin sebuah surat kabar, yaitu surat kabar Tjahaja. Oto juga aktif mempersiapkan kemerdekaan Indonesia melalui PPKI dan BPUPKI.

Perjuangan ini tidak berhenti saat Indonesia merdeka. Ketika Indonesia sudah merdeka, Oto menjadi seorang Menteri Negara yang pertama. Dia bertugas untuk membentuk angkatan bersenjata. Di sinilah Oto harus menemui akhir hidupnya.

Dia diculik oleh salah satu lascar rakyat yang tidak puas dengan kebijakannya ketika membentuk angkatan bersenjata. Hingga kini, tak pernah ketahuan lagi rimbanya. Walau demikian, Oto dinyatakan meninggal pada bulan Desember 1945.

Sedangkan RE Martadinata adalah salah satu tokoh dalam Angkatan Laut Republik Indonesia. Nama lengkapnya adalah Raden Eddy Martadinata.

Ketika bersekolah di Sekolah Pelayaran Tinggi, Martadinata membantu perjuangan melawan tentara Jepang. Dialah yang berjasa merebut beberapa kantor Jepang yang ada di Tanjung Priok dan Jalan Budi Utomo di Jakarta.

Ketika Belanda mencoba merebut kembali Indonesia yang sudah merdeka dengan Agresi Militer, Martadinata ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan. Saat itu, posisinya sudah menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Daerah Aceh.

Martadinata juga pernah menjabat sebagai menteri Angkatan Laut Republik Indonesia. Saat itu, RE Martadinata berhasil membuat pasukan Angkatan Laut Republik Indonesia menjadi salah satu pasukan yang disegani oleh pasukan dari negara lain.

Jabatannya sebagai Menteri Angkatan Laut dicopot oleh Presiden Soekarno karena dia tidak mau mendukung PKI. RE Martadinata tewas dalam sebuah kecelakaan helikopter pada tahun 1966 di Riung Gunung, Jawa Barat.

Demikianlah pembahasan mengenai pahlawan nasional di Jawa Barat, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD Acer
Sebelumnya: Kebudayaan Palestina
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar