Ir. Soekarno Sang Pahlawan Proklamasi


Bung Karno adalah salah satu pahlawan proklamasi yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Banyak jasa-jasa beliau yang telah dinikmati masyarakat Indonesia hingga sekarang ini, diantaranya merumuskan ajaran Marhaenisme, mendirikan sebuah organisasi yang bernama Partai Nasional Indonesia (PNI), memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia dan mengemukakan pendapatnya tentang Pancasila.

Pahlawan Proklamasi

Kemerdekaan adalah cita-cita semua bangsa, termasuk Indonesia. Untuk mencapai kemerdekaan, khususnya kemerdekaan Indonesia tidaklah mudah. Banyak rintangan dan halangan yang menerjang. Semua bersatu demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Orang-orang yang ikut terlibat memperjuangkan kemerdekaan ini disebut sebagai pahlawan proklamasi.

Bung Karno

Salah satu pahlawan proklamasi yang sangat berjasa bagi bangsa Indonesia adalah Ir. Soekarno. Beliau merupakan presiden Republik Indonesia yang pertama. Pahlawan proklamasi ini lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Jawa Timur.

Berdasarkan biografi Ir. Soekarno, dalam perjalanan hidupnya ia memiliki tiga orang istri. Dari ketiga istrinya, Ir. Soekarno dikaruniai delapan anak. Beliau sangat mencintai anak-anaknya. Ir. Soekarno memberikan kasih sayang yang sama kepada anak-anaknya.
Semasa kecil, Ir. Soekarno termasuk anak yang mandiri. Hal ini terlihat dari perjalanan hidupnya yang penuh dengan perjuangan. Beliau tinggal bersama orangtua di Blitar hanya sampai umur 5 tahun dan pada usia 6 tahun, beliau memutuskan untuk keluar dari Kota Blitar dan tinggal di Surabaya.

Di Surabaya Ir. Soekarno menempuh pendidikan Sekolah Dasar. Namun, setelah lulus Sekolah Dasar, beliau melanjutkan pendidikan di Hoogere Burger School (HBS). Kemudian, selepas selesai mengemban ilmu di HBS, beliau melanjutkan pendidikan di Teknik Tinggi Bandung (sekarang Institut Teknologi Bandung). Pada Mei 1926, Soekarno berhasil meraih gelar “Ir”.

Kesuksesan bukan hanya terlihat dari pendidikan, melainkan juga perjuangannya kepada bangsa Indonesia. Ir. Soekarno telah memperjuangkan banyak hal yang berkaitan dengan bangsa Indonesia. Pertama, Bung Karno telah merumuskan ajaran Marhaenisme. Selain itu, pada Juli 1927 Bung Karno mendirikan sebuah organisasi yang bernama Partai Nasional Indonesia (PNI). Hal tersebut dilakukan Bung Karno untuk meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kedua, pada 17 Agustus 1945 Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Beliau memproklamasikan kemerdekaan bersama Soeharto dan para pejuang lainnya.

Ketiga, Bung Karno mengemukakan pendapatnya mengenai dasar Negara Indonesia. Gagasan yang dikemukakan Bung Karno saat itu disebut Pancasila. Bung Karno mengemukakan gagasan tersebut pada 1 Juni 1945, saat berlangsungnya sidang BPUPKI.
Dari ketiga hal tersebut sudah bisa digambarkan jasa-jasa Bung Karno untuk Indonesia. Sikap mandiri dan semangat berjuang Bung Karno patut dicontoh oleh para generasi muda sekarang. Dengan sikap mandiri dan semangat berjuang, menjadikan bangsa Indonesia lebih maju.

Demikianlah sedikit ulasan pahlawan proklamasi Indonesia, Bung Karno. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya : 4 Negara Dalam Kedaulatan Britania Raya di Dunia
Sebelumnya: Oralit, Minuman Penyembuh Mencret
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar