Pakaian Adat Serang Banten


Sebelum kita membahas tentang pakaian adat Serang Banten, terlebih dahulu kita bahas tentang Provinsi Banten. Dahulu, Banten adalah bagian dari Jawa Barat, namun sejak tahun 2000, Banten memisahkan diri dan menjadi Provinsi Banten.

Adat Banten

Dari sisi kebudayaannya, Banten dan Jawa Barat memiliki kemiripan, begitupun dengan pakaian adatnya. Meskipun sama, namun pakaian Adat Banten tetap mempunyaiciri kebudayaan tersendiri. Pakaian yang dikenakan masyarakat Banten biasa disebut dengan baju pangsi, sedangkan celananya disebut celana komprang, panjangnya sebatas mata kaki atau bisa juga sampai betis.

Zaman dahulu, pakaian jenis ini sering digunakan oleh masyarakat Jawa Barat Sunda sehari-hari, terutama pada saat pencak silat. Jadi, seseorang yang mengenakan pakaian adat ini bisa dikatakan mirip seperti seorang jawara. Kini masyarakat Jawa Barat sudah jarang mengenakan pakaian tersebut, sedangkan masyarakat Banten, terutama suku Baduy masih tetap menjaga kelestarian pakaian adat tersebut.

Baduy merupakan sebutan bagi suku yang ada di Banten. Bahkan, keberadaannya merupakan ciri khas bagi sebuah suku di propinsi Banten. Suku Baduy yang ada di Bantenmasih mengenakan pakaian adatkesehariannya.

Suku Baduy yang ada di Banten terbagi menjadi dua, yaknisuku Baduy Dalam dan suku Baduy Luar. Untuk pakaian adatnya,kedua suku adalah sama, yang membedakan hanyalah warnanya. Warna putih yang melambangkan kesucian menjadi pakaian pilihan Suku Baduy Dalam, sedangkan warna hitam dipilih oleh suku Baduy Luar.

Jamang sangsang adalah pakaian para pria Baduy. Jamang sangsang adalah baju lengan panjang berwarna putih yang cara mengenakannya hanya disangsangkan di badan.

Selain itu,  masyarakat Baduy mengenakan ikat kepala berwarna putih atau hitam yang berfungsi sebagai penutup rambut yang kemudian dipadukan dengan selendang. Pembuatannya hanya dijahit tangan, tidak boleh dijahit dengan mesin, sedangkan bahan dasarnya adalah benang kapas asli yang ditenun.

Selain pakaian adat tersebut, terdapat pakaian adat Serang Banten, yakni batik. Batik Banten bisa Anda temukandi Kota Serang Banten. Meskipun Anda bisa menjumpai batik di berbagai daerah di Indonesia, namun batik Banten mempunyai ciri khas yang berbeda dengan batik lainnya. Batik Banten yang sudah dipatenkan telah meraih predikat terbaik sedunia, bahkanmenjadi batik pertama yang memiliki hak paten UNESCO.

Selanjutnya : Ucapan untuk Pernikahan Sahabat
Sebelumnya: Surat Pribadi : Contoh Surat Biasa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar