Mengenal Budaya dan Pakaian Adat Warga Jateng

Mengenal pakaian adat warga Jateng yang terlihat sangat khas. Indonesia merupakan negara yang berkepulauan. Dari Sabang hingga sampai Merauke berjejer pulau-pulau yang memiliki adat istiadat yang berbeda-beda.

Banyaknya suku yang bervariasi, sehingga membuat negara Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan yang berbeda pula. Mulai dari bahasa yang khas, pakaian adat yang khas, rumah adat yang khas, dan norma-norma yang sudah disesuaikan dengan masing-masing suku dan masih banyak lagi.

Jawa tengah merupakan suatu wilayah yang terletak di antara Jawa Barat dan Jawa Timur. Jawa tengah berada di Pulau Jawa, dengan ibukota di Semarang. Jawa tengah memiliki beraneka ragam budaya. Kesenian budaya yang terdapat di Jawa Tengah sangat khas dan menarik.

Kebudayaan yang terdapat di Jawa Tengah merupakan kebudayaan yang termasuk berkategoriĀ  yang paling tua di negara Indonesia. Hal ini ditandai dengan ditemukannya fosil manusia Jawa purba. Manusia Jawa purba tersebut saat ini diletakkan di Museum Sangiran. Berikut ini akan dijelaskan tentang kesenian dan kebudayaan yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Tengah.

Pakaian Adat dari Jawa Tengah

Pakaian adat yang dimiliki oleh Jawa Tengah memiliki motif dan bentuk yang sangat khas. Namun saat ini pakaian adat sudah jarang dipakai dalam keseharian kecuali jika terdapat suatu acara tertentu yang berkaitan dengan hari besar, biasanya akan tetap dipakai atau dalam acara pernikahan tradisional orang Jawa tetap menggunakan pakaian adat Jawa. Pakaian adat warga Jateng yang dikenakan oleh wanita Jawa biasanya bagian atas berbentuk kebaya, kemben dan bagian bawah berupa kain tapih pinjung dilengkapi dengan stagen sebagai ikatannya.

Sedangkan pakaian adat laki-laki Jawa biasanya disebut dengan pakaian Jawi Jangkep. Pakaian ini terdiri atas blankon atau destar yang digunakan untuk menutup kepala. Setelah itu bagian punggung mengenakan keris, serta bagian kaki mengenakan cemila. Pakaian yang dikenakan adalah baju beskap yang memiliki motif kembang-kembang, memakai kain samping jarik sebagai bawahan dan diikat dengan menggunakan stagen.

Rumah Adat Provinsi Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah memiliki rumah adat yang sangat khas. Rumah adat yang berasal dari Jawa Tengah disebut dengan rumah joglo. Rumah joglo terbuat dari bahan dasar kayu. Di bagian tengah rumah joglo terdapat saka guru yang berjumlah empat pokok tiang. Kemudian memiliki denah berbentuk bujur sangkar, danĀ  memiliki tumpangsari yaitu suatu blandar yang memiliki susunan ke atas.

Kesenian Provinsi Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah memiliki berbagai macam kesenian yang patut untuk dilestarikan. Kesenian ini termasuk dengan kebudayaan asli yang berasal dari Jawa Tengah. Berikut ini macam-macam kesenian Jawa Tengah yaitu sebagai berikut:

  1. Kesenian Jawa Tengah batik
  2. Kesenian Jawa Tengah tari serimpi
  3. Kesenian Jawa Tengah wayang kulit
  4. Kesenian Jawa Tengah gamelan jawa

Demikian informasi yang berkaitan dengan pakaian adat warga Jateng. Semoga informasi ini dapat menambahka rasa cinta terhadap budaya Indonesia dan berupaya untuk tetap melestarikannya.

Selanjutnya : Kumpulan Dakwah Anak
Sebelumnya: Susu Appeton Weight Gain - Susu untuk yang Kekurangan Berat Badan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini