Perbedaan Pakaian Zaman Dulu dan Zaman Sekarang

Apa saja perbedaan pakaian zaman dulu dan zaman sekarang? Bila ditelaah sungguh banyak perbedaannya terutama yang menyangkut fungsi pakaian dan tata cara berpakaian. Zaman dahulu, masyarakat dunia belum begitu mengenal istilah industri mode. Sedangkan manusia yang hidup di zaman sekarang atau zaman modern sudah menciptakan industri mode.

Fungsi Pakaian

Zaman dahulu fungsi pakaian tidak terlalu penting. Namun manusia sudah mengenal pakaian ketika zaman pra sejarah di mulai. Hal ini ditandai dengan ditemukannya sejumlah peninggalan pra sejarah dan salah satunya adalah pakaian yang terbuat dari kulit kayu yang dinamakan fuya atau tapa.

Beberapa peneliti arkeolog menilai bahwa fuya atau tapa digunakan manusia zaman pra sejarah hanya untuk menutupi tubuh dari suhu yang dingin dan panas, serta serangan binatang. Jadi fungsi pakaian di zaman pra sejarah hanya sebagai pelindung tubuh manusia.

Memasuki zaman sejarah pakaian masih berfungsi sebagai pelindung, hanya saja pakaian sudah terbuat dari kain yang tidak dijahit melainkan hanya dililit-lilit pada tubuh seperti kain terusan yang dipakai manusia di zaman Hindu dan Yunani kuno. Fungsi pakaian sudah berubah, tidak hanya sebatas pelindung tubuh tetapi juga status sosial dan seniĀ  budaya seperti yang tercermin dari masyarakat Eropa pada zaman klasik hingga abad pertengahan.

Perbandingan Zaman

Perkembangan busana yang dipakai manusia, bisa dilihat perbedaannya dari perbandingan zaman yang terjadi terutama ketika memasuki zaman bersejarah.

1. Zaman Tradisional

Zaman tradisional adalah zaman dimana manusianya masih menggunakan alat-alat sederhana tanpa bantuan mesin canggih. Pada zaman ini sejumlah pakaian yang di pakai manusia sudah bersifat kebutuhan pokok. Bahkan, di zaman ini pakaian sudah tidak sesederhana dulu seperti lilitan kain panjang, pakaian sudah bercorak dengan adanya bentuk yang mengikuti lekuk tubuh.

Namun penghamburan bahan pakaian lebih kental waktu itu seperti gaun wanita Eropa yang panjang hingga semata kaki dan lebar mengembang. Pakaian kaum pria juga terdiri berbagai lapisan dengan jas panjang untuk lapisan luarnya. Di Asia seperti Indonesia dan Malaysia, pakaian nasional dikenakan keseharian seperti kebaya dan baju kurung untuk wanita. Namun busana pria pun sudah tersentuh budaya barat akibat kolonisasi seperti celana dan baju atasan dengan potongan sederhana yang terbuat dari kain shantung.

2. Zaman Modern

Zaman modernĀ  sudah mulai bervariasi baik corak dan fungsinya. Di zaman ini tata cara berpakaian sudah mendapat apresiasi. Pakaian juga tak lepas dari sifat kesenian yang diekspresikan manusia zaman modern. Teknologi yang canggih turut memperbaharui pakaian yaitu dengan bangkitnya industri fesyen.

Munculnya profesi desainer busana dan terpilihnya daerah sebagai pusat mode seperti Paris, Milan, Tokyo, serta New York. Bahan pakaian tidak terlalu banyak digunakan seperti gaun wanita Eropa zaman tradisional. Di zaman modern, pakaian cenderung mengadaptasi dari model barat sebagai tolok ukur perkembangan fesyen.

Itulah sekelumit tentang perbedaan pakaian zaman dulu dan zaman sekarang. Namun satu hal yang patut disyukuri, perbedaan tersebut tidak menyurutkan peran batik sebagai pakaian nasional Indonesia yang sudah dipakai sejak zaman tradisional dahulu.

Loading...
Selanjutnya : Sistem Pemerintahan di Amerika Serikat
Sebelumnya: Tips Merawat Kelancaran Sistem Listrik Motor Honda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar