Pakan Burung Kacer


Pakan burung Kacer harian yang biasa digunakan adalah Voer. Pakan ini seperti pelet. Baunya sangat khas. Kandungan dalam voer bermacam-macam sesuai dengan permintaan. Untuk burung Kacer sendiri ada baiknya memberikan voer yang mempunyai kandungan 12% protein. Lebih banyak dari jumlah itu juga tidak masalah. Misalnya dibuat 18% protein.

Pemberian Pakan Pada Kacer

Pakan burung Kacer, voer, hendaknya diberikan setiap hari. Tapi jangan terlalu banyak agar setiap waktu makan, voer ini bisa diganti. Jangan menambah voer kalau yang lama belum habis. Voer yang tidak segar rasanya kurang disenangi oleh Kacer. Apalagi kalau sampai beberapa hari. Sebaiknya ganti voer dengan yang baru.

Voer ini sendiri akan memberikan manfaat yang cukup besar terhadap kicauan yang dihasilkan oleh Kacer. Kesehatan burung dengan perawakan gagah ini pun menjadi lebih baik. Tapi sebaiknya tidak mengandalkan voer saja. Apalagi ketika Kacer akan bertarung atau burung Kacer ini terlihat terlalu birahi.

Pakan untuk Kacer yang Lain

Burung Kacer itu adalah burung petarung walaupun kicaunya cukup disenangi. Untuk mengakomodasi tabiat dasar burung ini, maka ada makanan tambahan seperti jangkrik. Hewan satu ini memberikan efek yang cukup luar biasa terhadap Kacer. Pemberian kurang lebih 10 ekor sehari saja sudah bisa membuat Kacer terlihat siap untuk bertarung.

Cukup dengan memberikan 5 ekor jangkrik di pagi hari dan 5 lagi di sore hari. Jangan lupa juga untuk memandikan dan menjemur Kacer agar darah petarungnya tetap terjaga. Sebagai selingan, beri Kacer ulat Hongkong satu sendok. Kroto segar pun bisa diberikan kepada Kacer agar tetap bugar.

Saat Kacer sedang dalam perlombaan, sebaiknya berikan tambahan makanan lainnya seperti ulat bambu. Bahkan hewan seperti kelabang dan belalang pun bisa menjadi makanan untuk Kacer. Berikan semua jenis makanan tersebut secara bergantian.

Sebaiknya tidak dicampur agar Kacer bisa menikmati rasa pakannya secara sempurna. Tapi ketik Kacer sedang terlihat kelebihan energi, sebaiknya kurangi pemberian jangkrik. Jika masih juga terlihat terlallu birahi, mandikan Kacer 3 kali sehari.

Vitamin untuk Kacer

Pertarungan yang dihadapi Kacer dalam sebuah lomba terkadang tidak mudah. Untuk itu, beri Kacer tambahan vitamin. Tidak perlu susah mencari vitamin ini. Cukup menggunakan vitamin untuk anak-anak seperti produk Stimuno.

Tentu saja jangan memberikan vitaminĀ  sebanyak satu sendok teh penuh. Seujung sendok teh saja. Berikan sekali sehari. Dengan pemberian pakan burung Kacer secara bergantian, vitalitas Kacer pun bisa terjaga.

Selanjutnya : Dunia Gambar Foto Bayi Lucu
Sebelumnya: Keunikan Negeri India
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar