Pakan yang Baik untuk Arwana


Ada banyak pakan yang baik untuk Arwana, salah satunya adalah kodok. Bagi yang tidak tahu kodok bisa menjadi pakan untuk ikan Arwana, mungkin terdengar aneh, tetapi memang kodok salah satu pakannya. Memelihara ikan Arwana harus memperhatikan pakannya, tidak boleh sembarangan. Warna kulit ikan Arwana bisa bagus itu disebabkan pakan yang diberi.

Sama saja dengan kita yang membutuhkan makanan untuk bisa bertahan hidup dan mendapatkan nutrisi yang baik. Ikan Arwana pun memerlukan pakan yang baik, tidak hanya untuk memerikan nutrisi tetapi juga untuk mempercantik warna kulitnya. Jika warna kulitnya cantik, otomatis orang akan tertarik untuk membelinya. Dengan kata lain pemberian pakan yang tepat bisa mempengaruhi penjualan ikannya.

Jenis Pakan Ikan Arwana

Setidaknya ada empat jenis pakan yang baik diberikan untuk ikan Arwana. Memelihara ikan Arwana tidak hanya memperhatikan tempat pembiakannya saja, tetapi juga pakan yang baik. Pemberian pakan yang baik bisa menunjang pertumbuhan ikan Arwana menjadi maksimal. Berikut empat pakan yang baik untuk ikan Arwana.

  • Cacing Beku. Pakan cacing beku ini khusus diberikan untuk anakan ikan Arwana yang masih berukuran 8 cm. Pakan ini bisa diberikan setiap tiga sampai empat jam.
  • Jangkrik. Pakan yang baik untuk Arwana berikutnya adalah jangkrik. Jangkrik ini merupakan pakan yang utama untuk ikan Arwana. Jangkrik ini sangat baik terutama untuk peningkatan perubahan warna kulitnya pakan ini diberikan khusus jenis ikan Arwana tipe Golden Red.
  • Kodok. Kodok sangat baik untuk perkembangan ikan Arwana, karena dalam daging kodok banyak mengandung lemak. Sebaiknya gunakan kodok yang berukuran lebih kecil supaya bisa langsung mudah dimakan oleh ikan Arwana.
  • Udang. Selain memberikan jangkrik untuk perubahan warna kulitnya, udang juga bisa melakukan hal yang sama. Udang yang diberikan bisa berupa udang yang masih hidup ataupun yang sudah dibekukan. Sebelum diberikan ke ikan Arwana, sebaiknya kepala udang dibuang terlebih dahulu.

Itulah beberapa jenis pakan yang baik untuk diberikan pada ikan Arwana. Pemberian pakan ikan sebaiknya dilakukan secara rutin dan konsisten. Jangan sekalipun mengubah pola pemberian pakan ini, karena akan berpengaruh pada perkembangan ikan.

Pemberian Pakan

Pemberian pakan untuk ikan Arwana ini ada aturan khusus. Misalnya antara ikan yang masih kecil dengan ikan yang sudah besar, tentu saja baik dari porsi maupun waktu pemberian pakannya tidak sama. Contohnya saja pemberian kodok, khusus yang berukuran kecil diberikan kodok yang berukuran lebih kecil dari untuk ikan yang besar. Demikian juga dosis pemberian pakannya, apakah setiap jam ataukah dalam sehari berapa kali diberikan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pakan yang baik untuk Arwana beserta beberapa jenis pakan terbaik untuk perkembangan ikan. Pemberian pakan ini sebaiknya harus diperhatikan dengan serius mengingat akan berpengaruh terhadap perkembangan ikan selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Pantun Nasehat Bahasa Padang
Sebelumnya: Bolehkah Orang Hamil Minum Pocari?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar