Panduan Menggunakan Photoshop Tingkat Dasar


Program Photoshop merupakan salah satu software yang wajib dikuasai bagi yang berkecimpung di dunia desain grafis. Sebagai pengetahuan tingkat dasar, berikut ini akan kita bahas panduan menggunakan Photoshop.

Untuk bisa menggunakan Photoshop, tentu saja yang pertama dilakukan adalah menginstall programnya terlebih dahulu. Untuk menginstal software Photoshop, ikutilah petunjuk yang biasanya disertakan dalam paket pembelian lisensi software ini.
Setelah software terinstal di komputer, dasar-dasar menggunakan Photoshop dimulai dari pengenalan beberapa menu dan tool yang tampil di layar ketika Photoshop dijalankan. Menu-menu yang terdapat di bar platform adalah menu File, Edit, Filter, Image, Layer, 3D, View dan Help, disertai beberapa sub menu.

Menu File yang terletak di barisan bar paling kiri, terdapat beberapa sub menu, yaitu: New (untuk membuat lembar kerja yang baru), Open, Save (default), Save As (untuk menyimpan dokumen dengan format sesuai pilihan kita). Untuk menu Edit terdapat setting tampilan dan layer seperti Transform dan sebagainya.

Kemudian dalam menu Filter terdapat sub menu Efek, Plugin dan Filter Galery. Dan pada menu Image, terdapat sub menu Adjustments (untuk penyesuaian warna dan contras), Size (mengatur ukuran pixel) dan Canvas (mengatur ukuran lembar kerja).

Itulah beberapa menu dasar yang wajib diketahui khususnya bagi pemula dalam desain grafis. Selanjutnya setelah mengenal macam-macam menu beserta fungsinya, kita beralih ke pengenalan menggunakan panel dock. Panel ini letaknya di sebelah kanan lembar kerja (workspace) Photoshop.

Panel dock  adalah tempat susunan beberapa tool untuk keperluan mengolah dan mengedit gambar atau foto. Di panel inilah proses desain grafis sebuah gambar atau foto dikerjakan. Di panel sebelah kanan ini terdapat menu Layer, Adjustments dan Styles.

Sedangkan panel di sebelah kiri sebuah workspace Photoshop, terdapat susunan bermacam-macam tool dengan fungsi masing-masing. Tool di panel sebelah kiri terbagi ke dalam enam kelompok tool, yaitu: Selection Tool, Crop & Slice, Annotation & Navigation, Painting, Drawing, dan Retouching.

Dalam setiap kelompok tool tersebut, terdapat beberapa tool lagi dengan kegunaan berbeda. Sebagai contoh yang menarik, pada tool Drawing terdapat Pen Tool (untuk menggambar), Path Selection Tool (menyeleksi bagian gambar) dan Horizontal Type Tool (untuk membuat teks).

Demikianlah pengenalan dasar panduan menggunakan photoshop. Semoga panduan ini bisa menambah pengetahuan Anda.

Selanjutnya : Dua Tokoh Islam Pakar Mesin Mekanik Abad Pertengahan
Sebelumnya: Pandangan Tentang Larangan Aborsi Dalam Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar