Eksotisme Pantai-pantai Madura

Indonesia menyimpan banyak keindahan alam yang memukau. Mulai dari pulau Bali yang terkenal hingga ke mancanegara hingga ke eksotisan pulau-pulau perawan yang mampu memukau para wisatawan baik asing maupun lokal untuk datang berkunjung dan menikmati pesona wisata yang ditawarkan. Demikian pula dengan Madura, pulau garam ini memiliki banyak pantai yang selain berfungsi sebagai tempat produksi garam tradisional ternyata juga menyimpan keindahan tersendiri. Beberapa pantai Madura bahkan telah menjadi destinasi wisata andalan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Beberapa pantai yang bisa dijadikan destinasi wisata saat Anda mengunjungi Madura antara lain sebagai berikut.

1. Pantai Siring Kemuning

Pantai ini dijuluki sebagai Kuta-nya Madura. Tak heran karena bentuk dan tampilannya memang mirip pantai Kuta di Bali. Yang membedakan di pantai Siring Kemuning ini masih bersih, belum (lebih baik jangan sampai) terlihat adanya sampah yang berserakan di tepi pantai ataupun sampah yang terseret oleh ombak hingga ke bibir pantai. Tempat sampah pun sudah disediakan oleh pihak pengelola pantai di tempat yang strategis.

2. Pantai Lombang di Sumenep

Lombang diucapkan ‘lombheng’ oleh masyarakat sekitar merupakan pantai yang terasa manis karena pasirnya yang putih berkilau dan banyak ditumbuhi pohon cemara di sekitar pantainya. Bagi yang beruntung saat mengunjungi pantai lombang ini bisa mendapatkan momen sunset yang indah. Pantai lombang juga masih tergolong bersih dari kejahilan tangan-tangan manusia, sehingga suasana pantai benar-benar masih terasa asli.

3. Pantai Jumiang

Pantai ini terletak agak terpencil karena memasuki pelosok desa. Keasliannya juga relatif masih terjaga walau sudah terlihat beberapa ‘hasil karya’ pengunjung yang mencoreti beberapa bangunan dekat pantai. Tidak ada tarif masuk yang dibebankan kepada pengunjung karena memang belum ada pengelola pantainya. Atau, pernah dikelola, namun kemudian dihentikan pengelolaannya. Pantainya benar-benar bersih, tidak terlihat sampah, baik di tepi ataupun bibir pantainya. Ombak biru dihiasi batu karang berbagai ukuran menjadi pesona tersendiri bagi pantai ini.

Itulah beberapa pantai Madura yang layak dijadikan destinasi wisata saat Anda berkunjung ke pulau tersebut. Selain beberapa pantai, ada juga pasar tradisional yang menyediakan berbagai macam buah tangan untuk keluarga di rumah. Berminat mengunjunginya? Silahkan agendakan dengan keluarga Anda. Selamat berlibur.

Selanjutnya : Ringkasan Cerita Wayang Putra Arjuna
Sebelumnya: Cerita dari Dongeng Kuno – Achilles dari Yunani
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini