Makanan yang Menjadi Pantangan Batuk Kering

Batuk merupakan penyakit yang yang sangat mengesalkan. Apalagi ketika kita sedang tidur, tiba-tiba batuk tiada henti. Apalagi kalau kita menderita batuk kering, tenggorokan akan terasa sakit bila batuk tiada henti.

Supaya batuk yang diderita tidak semakin menjadi, kita harus menjauhi segala makanan yang menjadi pantangan batuk kering. Bila menderita batuk tersebut dan memaksa memakan makanan kesukaan kita yang menjadi pantangan batuk tersebut, bisa dipastikan batuk yang diderita tidak akan kunjung sembuh.

Makanan Pantangan

Adapun beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan bagi orang yang menderita batuk kering adalah sebagai berikut.

  • Makanan berminyak/makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng menggunakan minyak sangat tidak disarankan dikonsumsi ketika batuk. Kandungan lemaknya yang tinggi akan membuat tenggorokan tambah sakit dan bisa menjadi panas dalam.
  • Permen. Kandungan gula dalam permen, tidak baik bagi tenggorokan penderita sakit batuk. Apalagi bila gula yang digunakan adalah gula buatan.
  • Minuman dingin. Minuman dingin akan membuat tenggorokan tambah sakit dan menyebabkan batuk tambah parah. Selain itu, juga dapat menimbulkan penyakit lainnya seperti pilek.
  • Es krim. Sebagaimana minuman dingin, mengonsumsi es krim juga akan menyebabkan batuk bertambah parah. Sebaiknya, dihindari walaupun sangat ingin memakannya. Tidak jarang es krim tersebut menggunakan gula buatan yang akan memperparah penyakit tersebut.
  • Merokok . Rokok adalah barang yang benar-benar harus dihindari bagi penderita batuk ini. Biasanya perokok aktif yang sulit dan bandel meninggalkan kebiasaan ini, walau sedang sakit.

Jadi, semua terserah pada Anda yang menderita batuk. Bila ingin benar-benar sembuh, sebaiknya hindari makanan yang menjadi pantangan tersebut.

Resep Tradisional untuk Penyakit Batuk

Selain menggunakan obat kimia, kita dapat menggunakan pengobatan alternatif yang ada di sekitar kita. Pengobatan menggunakan bahan herbal, bila dilakukan teratur akan bisa menyembuhkan penyakit batuk. Berikut resepnya.

  • 30 g pegagan segar, gula pasir secukupnya, dan air 150 cc. Pegagan kita cuci bersih, lalu kita blender dengan bahan lainnya kemudian disaring. Minum ramuan ini tiga kali sehari.
  • 15 g daun saga, 15 g buah asam, kayu manis, dan 600 cc air. Semua bahan dicuci bersih, kemudian direbus menggunakan air hingga tersisa 300 cc. Ramuan ini diminum dua kali sehari.

Sebenarnya, masih banyak lagi resep obat yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit ini. Semoga pengetahuan pantangan batuk kering ini dapat membantu Anda menanggulangi batuk tersebut agar cepat sembuh.

Selanjutnya : Mengenal Berbagai Sayur-sayuran yang Dijadikan Obat
Sebelumnya: Apa yang Dimaksud Kondisi Jasmani
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...