Pantangan Penderita Gula Darah Tinggi

Pantangan penderita gula darah tinggi dimaksudkan agar kadar gula di dalam tubuh penderita tetap stabil dan tidak mengalami kenaikan yang terlalu tinggi. Diabetes melitus dapat disebabkan oleh faktor keturunan dan beberapa faktor lain. Penyakit ini menjadi berbahaya ketika kadar gula darah naik dan tidak terkontrol.
Makanan Berkarbohidrat bagi Penderita Gula Darah

Bagi penderita diabetes melitus sebaiknya memperhatikan beberapa makanan yang menjadi pantangan di bawah ini.

Loading...

1.    Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Jenis makanan yang mengandung karbohidrat akan menaikan gula darah seseorang. Bagi penderita diabetes, jenis makanan berkarbohidrat tinggi akan secara dratis menaikan gula darah. Penderita pun harus mengonsumsi jenis makanan sesuai pedoman dokter. Misalnya, beras putih adalah makanan pokok yang kaya karbohidrat. Penderita bisa menggantikan beras putih dengan beras merah atau kentang dengan porsi tertentu sesuai anjuran dokter.

2.    Jenis Makanan Seperti Roti, Spageti, dan Segala Jenis Mie

Ketiga jenis makanan tersebut tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes melitus mengingat bahan dasar pembuatannya dari tepung gandum dan beras yang kaya karbohidrat.

3.    Alkohol

Meminum minuman beralkohol akan mengganggu fungsi hati dan pankreas untuk memproduksi hormon insulin. Alkohol dan minuman ringan yang mengandung bahan beralkohol akan menyulitkan sistem kerja hati dan ginjal.

4.    Kafein

Kafein berdampak pula dalam kenaikan kadar gula di dalam darah. Sangat disarankan, selain alkohol penderita diabetes melitus juga setidaknya menghindari kafein. Bahan kimia dalam produk kopi instan hanya akan memperlambat kerja hati dan organ lain seperti ginjal yang kemudian menyumbat pembuluh darah.

Makanan yang Menyehatkan

Pantangan penderita gula darah tinggi ini tidaklah mutlak. Penderita masih bisa mengonsumsinya dengan cara yang tidak sembrono. Namun, demi kesehatan sebaiknya dihindari dan diganti dengan jenis makanan berikut ini.

1.    Sayur

Sayur kaya akan serat dan rendah kalori. Mengonsumsi makanan berserat akan membuat perut cepat terasa kenyang sehingga asupan nasi putih dikurangi.

2.    Buah

Seperti halnya sayur, buah-buahan rendah kalori dan lemak, serta sangat kaya akan serat. Buah mengandung zat gula alami yang tidak mempengaruhi kenaikan gula darah kecuali beberapa jenis buah tertentu seperti durian.

3.    Biji-bijian

Kacang kedelai dan kacang polong kaya akan serat, protein, dan lemak nabati yag berguna bagi kesehatan jantung. Lemak nabati berguna untuk mengurangi keberadaan insulin dalam tubuh sehingga kadar gula darah bisa dikontrol.

4.    Ikan

Ikan kaya protein dan omega 3 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan menghindari diri dari kolesterol jahat.

Demikian beberapa pantangan penderita gula darah tinggi dan beberapa anjuran yang dapat diambil sebagai pedoman bagi penderita diabetes. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Implementasi Menurut Para Ahli
Sebelumnya: Akibat Hidung Gatal, Flu Atau Alergi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar