Pantun Cinta Bahasa Betawi


Pantun cinta bahasa Betawi adalah pantun khas budaya Betawi. Bahasa Betawi adalah bahasa yang dimiliki oleh orang asli Jakarta. Orang Betawi terkenal sekali dengan kepandaian berpantun. Dalam kehidupan sehari-hari, orang Betawi hampir selalu menggunakan pantun, bahkan dalam seni tradisionalnya yang bernama Lenong, pantun tak pernah tinggal menjadi salah satu ciri khas.

Bahkan salah satu acara komedi yang disiarkan di sore hari oleh salah satu stasiun televisi swasta hampir di setiap segmennya menampilkan pantun untuk menghibur para penonton.  Untuk pembahasan kali ini, maka yang akan ditampilkan adalah pantun cinta yang berasal dari tanah Betawi.

Haji Bolot adalah salah seorang artis yang berasal dari daerah Betawi. Beliau amat sangat fasih jika disuruh untuk melakonkan atau memberikan pantun. Jikapun haji Bolot sudah jarang tanpil di TV, maka lain halnya dengan Opi Kumis. Opi Kumis adalah salah satu actor asli Betawi yang masih kerap wara-wiri di dunia pertelevisian Indonesia.

Contoh pantun cinta Betawi adalah sebagai berikut:

Beli manggis sangatlah manis
Biji dibuang di pinggir kali
Eneng cantik jangan menangis
Bang Jali ade di mari

Hari ini hari Kamis
Besok Jumat membeli sapi
Eneng cantik senyumnye manis
Bikin abang eh jatuh hati

Beli apel pake gabus
Gabus diapke buat merpati
Kalo abang emang serius
Enyak babe siap menanti

Bang Jali maen petasan
Petasan ancur kene tangan
Ama eneng sayang kebangetan
Tapi eneng kagak punye tanggepan

Pantun ini biasanya digunakan secara bersahut-sahutan antara perempuan dan laki- aki sehingga meramaikan suasana ketika berkumpul dan bercengkrama. Tak jarang juga mereka berpacaran sambil bersahut pantun. Sungguh budaya Betawi ini baiknya memang tetap dilestarikan oleh generasi muda agar dapat dijadikan salah satu objek wisata sehingga kelak menjadi ciri khas yang akan dikenal, tidak hanya oleh orang dalam negeri tetapi juga dikenal oleh orang luar negeri. Mudah-mudahan pembahasan tentang pantun cinta bahasa Betawi ini bermanfaat.

Selanjutnya : Pantun Lucu Kawin Dalam Adat Betawi
Sebelumnya: Pantun Anak Sekolah Dasar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar