Pantun dan Artinya


Pantun adalah sastra dan budaya asli yang berasal dari Indonesia. Banyak budaya-budaya di Indonesia menggunakan pantun dalam keseharian hingga dalam acara tertentu. Hingga kini pantun menjadi salah satu bentuk pelestarian budaya yang tetap eksis dan diminati. Dalam sebuah pantun terdapat empat baris yang terdiri dari dua baris sampiran dan dua baris isi. Lebih jauh mengenai pantun dan artinya akan dibahas di bawah ini.

Jika dilihat dari gaya penulisan, sekilas bentuk penulisan pantun sama dengan puisi, namun jika dalam puisi hanya terdiri dari kalimat-kalimat indah yang jarang sekali tercantum mengenai arti ataupun maksud penulisnya, di dalam pantun isi atau makna dari pantun tersebut harus diutarakan dan merupakan bagian dari pantun.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu). Jadi pantun merupakan salah satu jenis puisi yang hanya ada di Indonesia atau suku adat Melayu. Sedangkan ciri-ciri pantun yaitu tiap baitnya terdiri atas empat baris dengan sajak a-b-a-b, baris pertama dan kedua adalah sampiran, yaitu kalimat yang hanya merupakan persediaan bunyi kata agar dapat disamakan dengan kata pada isi yang terdapat pada baris ketiga dan empat. Kalimat pada sampiran tidak mesti indah dan penuh makna, asalkan memiliki bunyi sama dengan isi. Selain itu sampiran juga merupakan kalimat yang tidak ada hubungannya dengan isi.

Pantun dibedakan berdasarkan temanya, isi pantun biasanya disesuaikan dengan tema yang diusung. Berikut adalah beberapa contoh pantun dengan tema nasehat atau yang lebih dikenal dengan pantun nasehat.

Kalau sedikit rumpun ilalang
Mari bersihkan dengan lidi
Mengadu nasib di negeri orang
Banyak-banyak berbuat budi

Belanja emas sangat berarti
Belanja ternak pemawas diri
Cari pendamping sehidup semati
Bukan wajah sekulit ari

Beli minyak di kota seberang
Minyak digantung bersama gerabah
Titip uang kadar berkurang
Titip omongan malah bertambah

Pantun memang salah satu jenis sastra yang mudah dibuat, sehingga peminatnya juga tidak pernah surut. Pantun dan artinya selain bermakna melestarikan budaya juga sebagai bahasa pergaulan antar sesama, mempererat silturahmi, dan sarana saling menasehati.

Selanjutnya : Membuat Pantun Iman Kepada Rasul Allah SWT
Sebelumnya: Pantun Lucu Kawin Dalam Adat Betawi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar