Contoh Pantun Mengungkapkan Perasaan ke Cowo


Contoh pantun mengungkapkan perasaan ke cowo bisa dibuat secara sederhana. Dalam arti, tidak perlu bertele-tele dan langsung tembak ke sasaran cowok yang ditaksir. Jenis pantun ini juga masuk ke ragam pantun yang sering digunakan dalam karya sastra. Namun karena sifatnya yang lebih ke arah personal, mungkin bisa agak dimodifikasi.

Pantun dalam karya sastra sendiri miliki beberapa ‘aturan’. Sebut saja soal baris yang berjumlah empat dengan delapan hingga 12 kata per barisnya. Tiap baris miliki sajak akhir sama. Pantun miliki dua bagian. Pertama, yakni sampiran yang merujuk pada keindahan alam. Bagian kedua yakni isi yang merupakan maksud dari pantun itu sendiri.

Contoh Pantun

Contoh pantun sederhana:

Jalan-jalan ke Gunung Bromo
Menikmati keindahan alam ciptaanNya
Melihatnya sering bertingkah mlongo
Aku bertanya dalam hati, ada apa gerangan dengannya

Di awal dikatakan jika pantun terkait dengan ungkapan perasaan ini bisa dimodifikasi. Sebab, ada unsur personal. Tatkala membuatnya bisa singkirkan bagian-bagian tertentu. Misalkan saja soal sampiran, yang tak harus selalu terkait dengan keindahan alam. Sampiran ini bisa saja diisi dengan ‘latar belakang’ isi pantun atau sebab mengapa membuat pantun tersebut.

Contoh sederhana:

Kita telah bersama sejak SMA
Aku melihatmu dari bangku seberang
Apa kau tak mengerti kata hatiku berkata
Aku harus ungkapkan rasa ini sekarang

Contoh lain:

Telah sepuluh tahun aku mengenalmu
Telah satu dasawarsa kita bertetangga
Aku tak bisa bohongi isi hatiku
Tapi mengapa untuk ucapkan itu aku tak berdaya

Pantun sendiri miliki banyak fungsi dan manfaat. Selain sebagai karya sastra sendiri, pantun juga bisa dijadikan media komunikasi. Selain itu, pantun juga digunakan untuk melatih kemampuan berpikir. Bagaimana keahlian seseorang dinilai dalam kemamuannya merangkai kata. Tak hanya sekadar bersajak sama, namun juga makna yang terkandung dalam pantun itu sendiri.

Sekali lagi, dalam membuat pantun mengungkapkan perasaan ke cowo, prosesnya tidak sulit. Tinggal tulis empat baris dan isi dengan apa sebab menyukainya dan langsung ke intinya. Yang dibutuhkan sejatinya bukan pantun namun keberanian. Percuma jika miliki segudang pantun tapi mulut tak miliki kekuatan untuk bicara.

Selanjutnya : Fadhilah bacaan surat al ikhlas dan surat al baqarah 255 (ayat Kursi)
Sebelumnya: Manfaat Ibu Hamil Renang Menurut Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar