Contoh Pantun Nasehat Bahasa Minang


Setiap orang, baik muda atau tua, berasal dari suku apa pun, pasti suka mengunakan pantun dalam memberi nasihat, terutama orangtua terhadap anak muda. Begitu juga dalam suku Minang yang mempunyai bahasa Minang tersendiri, juga terdapat pantun nasehat bahasa Minang. Sebelum memberi contoh pantun nasihat bahasa Minang, ada baiknya kita mengetahui arti pantun dan seluk beluk pantun.

Pantun secara umum adalah salah satu jenis kelompok di dalam puisi lama. Pantun sudah dikenal luas sejak dulu di Indonesia. Pantun juga sudah dikenal luas di dalam bahasa-bahasa daerah terutama dalam Bahasa Minang. Dalam bahasa Minang, pengertian pantun berawal dari “Patuntu” yang mempunyai makna “Petuntun”.

Dalam setiap bahasa daerah, memberi nama berbeda-beda pada pantun ini, misalnya di daerah atau suku Jawa. Di daerah Jawa atau Suku Jawa juga terdapat pantun yang sering disebut dengan “Parikan”, sedangkan di tempat lain atau di daerah lainnya lagi ada yang menyebutkan pantun dengan istilah “Umpasa”. Beerbedaan istilah pada pantun ini bermacam-macam karena Indonesia mempunyai banyak suku bangsa, tetapi pemaknaannya sama dengan pantun yang sebenarnya. Pada awalnya, pantun hanya merupakan bahasa ucapan lisan. Berkembangnya zaman pada saat ini banyak dijumpai pantun berupa lisan maupun berupa tulisan.

Pada setiap pantun terdapat empat baris, baris dalam ilmu bahasa Indonesia yang membahas pantun sama dengan larik. Setiap pantun terdapat empat larik (empat baris), dan setiap larik atau baris berdiri dari 8 hingga 12 kata. Dalam akhir kata tersebut, membentuk sajak dengan pola a-b-a-b atau membentuk sajak dengan pola a-a-a-a. Ketentuan seperti ini sudah ada sejak dulu dan tidak bisa diubah lagi. Contoh membuat pantun dengan membentuk pola sajak a-a-b-b atau a-b-b-a bukan termasuk dalam ciri-ciri pantun dalam ilmu Bahasa Indonesia.

Ciri berikutnya pada pantun yaitu terdapat Sampiran dan Isi. Larik atau baris pertama dan kedua pada sebuah pantun sisebut dengan Sampiran, sedangkan larik atau barik ketiga dan ke empat adalah isi dari pantun. Pantun banyak sekali Jenisnya, di antaranya adalah pantun nasehat.

Contoh Pantun Nasiehat Bahasa Minang

Berikut ini akan ada contoh pantun nasihat bahasa Minang.

pantai

 

 

orang tua

Itulah contoh pantun nasehat bahasa minang.

Selanjutnya : Potong Video Tanpa Mengurangi Kualitas
Sebelumnya: Apa Penyebab Gangguan pada Mata
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar