Pantun Pendidikan


Pantun pendidikan adalah pantun yang bercerita tentang pentingnya suatu pendidikan. Pantun ini menceritakan arti sebuah pendidikan bagi kita semua. Dalam artikel ini akan dibahas tentang pantun pendidikan beserta contoh-contohnya.

Kita pasti sudah mengetahui bahwa pantun merupakan salah satu bagian dari puisi. Biasanya bahasa dalam pantun mengambarkan bahasa-bahasa tradisional. Orang-orang dari Jawa menyebut pantun dengan nama Parikan. Parikan biasanya menggunakan Bahasa Jawa. Oleh karena itu, parikan sering dianggap sebagai simbol untuk daerah Jawa. Sedangkan dalam istilah Sunda, pantun dinamakan dengan Paparikan. Di daerah Batak disebut Umpasa. Semua daerah-daerah tersebut menggunakan bahasa masing-masing dalam membuat sebuah pantun.

Dengan membuat pantun, seseorang diharapkan terlatih untuk berpikir sebelum mengucapkan kata-kata. Selain itu, pantun juga bisa menjadi identitas suatu daerah tertentu. Pantun biasanya memakai bahasa daerah asli dan logat asli suatu daerah. Pantun juga bisa digunakan untuk menyampaikan pesan yang mendalam.

Selain itu, pantun di dalam dunia pendidikan bisa menjadi sebuah dorongan untuk belajar. Pantun akan membuat proses pendidikan tidak bersifat kaku, justru pelajar merasa terhibur dan senang. Pantun akan mendidik para pelajar untuk mengolah kata demi kata dan memberikan makna dalam kata-kata tersebut. Pantun juga bisa digunakan untuk menyampaikan pesan yang cukup mendalam bagi seseorang.

Ada bermacam-macam jenis pantun yang sering ditemui. Pantun Adat yaitu Pantun yang menceritakan tentang keadaan atau tradisi dari suatu daerah tertentu. Pantun Pendidikan yaitu pantun yang menceritakan perihal pendidikan. Pantun anak-anak yaitu suatu pantun yang digunakan untuk anak-anak. Biasanya bahasa pada pantun anak ini sederhana. Pemaknaan yang terkandung dalam pantun tersebut mudah dipahami. Pantun Agama yaitu pantun tentang agama. Pantun Budi dan Pantun Jenaka yaitu pantun yanng disusun untuk lelucon sehingga orang yang membaca atau mendengarkannya akan tertawa dan senang, Pantun Muda-mudi yaitu pantun yang menceritakan tentang kisah kasih seorang pemuda dan pemudi. Pantun ini hampir serupa dengan pantun percintaan. Pantun Nasihat yaitu pantun yang berisi tentang nasihat-nasihat yang baik, dan masing banyak lagi jenis pantun.

Berikut adalah contoh pantun pendidikan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Pantun Pendidikan

Selanjutnya : Pantun Tentang Pelajaran
Sebelumnya: Pantun Bahasa Betawi Cinta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar