Pantun Tentang Pelajaran


Bel sekolah telah berbunyi. Siswa-siswa SMU mulai masuk ke kelas masing-masing. Begitu juga seorang guru Sastra Indonesia. Ya, pada hari ini ada pelajaran Bahasa Indonesia yang bertema puisi. Kali ini akan dibahas pantun tentang pelajaran. Ini adalah salah satu bentuk yang berbeda dari puisi. Silakan dicermati.

Semua bentuk pantun memiliki sampiran dan isi. Cara membedakannya cukup mudah. Sampiran terletak pada baris pertama dan kedua pantun. Sedangkan isi berada di baris ketiga dan keempat. Perlu Anda ketahui bahwa pantun juga  mempunyai dua nama lain yaitu Karmina dan Talibun. Karmina sering disebut pantun pendek karena terdiri dari empat baris saja. Talibun disebut dengan pantun panjang karena terdiri lebih dari empat baris. Jadi, kalau ditemukan sebuah pantun yang memiliki 6 baris, maka baris pertama hingga ketiga adalah sampiran, sedangkan pada baris keempat hingga keenam dinamakan isi.

Seorang penyair yang terkenal yaitu Sutan Takdir Alisjahbana membuat aturan dalam membuat sebuah pantun. Menurutnya, membaca pantun, terutama pada sampiran, harus menggunakan intonasi. Hal ini dimaksudkan agar yang mendengar sebuah pantun bisa langsung  memahami maksud dari pantun tersebut. Begitu juga dengan sekelompok sarjana yang berasal dari Eropa. Para sarjana ini ingin menemukan sebuah fenomena yang  baru yaitu membuat sebuah tatacara yang harus diterapkan dalam membuat pantun. Sama halnya dengan pendapat Sutan Takdir Alisjahbana, para sarjana tersebut tidak menitikberatkan pada sampiran atau isi, tetapi lebih mengutamakan jumlah dari tiap-tiap suku kata.

Terkadang ada seorang siswa yang nilainya jelek untuk pelajaran Bahasa Indonesia karena merasakan betapa sulitnya membuat sebuah pantun. Mereka berdalih lebih mudah mempelajari bahasa asing daripada Bahasa Indonesia. Semua itu masih bisa diatasi dengan cara belajar dan terus belajar. Sebagai orang Indonesia, tentu kita harus turut melestarikan budaya Indonesia, dengan cara melestarikan Bahasa Indonesia dan juga pantun.

Di bawah ini akan diberikan contoh pantun tentang pelajaran

Pantun Tentang Pelajaran

Semoga artikel yang berjudul Pantun Tentang Pelajaran ini bermanfaat bagi kita semua.

Selanjutnya : Buat Situs di Wordpress
Sebelumnya: Pantun Pendidikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar