Para Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Para pelaku ekonomi adalah mereka yang berkepentingan dan terlibat secara langsung dalam kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi sendiri merupakan kegiatan yang terdiri atas produksi, distribusi dan konsumsi. Karena kegiatan konsumsi dilakukan oleh seluruh manusia, maka manusia bisa dikatakan sebagai pelaku ekonomi. Meski demikian, ilmu ekonomi membatasi para pelaku ekonomi ke dalam empat golongan, yaitu:

Rumah Tangga Keluarga atau Rumah Tangga Konsumsi (RTK)

Loading...

Rumah Tangga Keluarga atau Rumah Tangga Konsumsi (RTK), disebut juga sebagai unit ekonomi terkecil. RTK merupakan pemilik dan penyedia jasa untuk berbagai macam faktor produksi yang akan digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa. Barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan akan digunakan kembali oleh RTK. Dengan kata lain, RTK adalah pemilik, penyedia sekaligus pengguna barang dan jasa yang dibutuhkan dan dihasilkan oleh perusahaan.

Dengan demikian, peran rumah tangga konsumsi adalah:

  1. Konsumen
  2. Pemasok dan pemilik faktor produksi yang terdiri atas alam, tenaga kerja, modal dan skill atau keahlian.

Rumah Tangga Produksi (RTP)

Rumah Tangga Produksi (RTP), merupakan organisasi yang didirikan oleh satu atau beberapa individu dengan tujuan memproduksi atau menghasilkan barang dan jasa. Sedangkan tempat berlangsungnya proses atau kegiatan produksi adalah perusahaan.

Rumah tangga produksi, memiliki tiga peran utama dalam kegiatan ekonomi, yaitu:

  1. Perannya sebagai produsen, yaitu memproduksi barang atau kebutuhan masyarakat.
  2. Pengguna faktor produksi.
  3. Agen pembangunan yang membantu pemerintah dalam upaya menyejahterakan rakyat.

Pemerintah

Pemerintah adalah seluruh lembaga atau badan yang dinaungi pemerintahan dengan kata lain lembaga atau badan pemerintahan yang berwenang dan memiliki tugas untuk mengatur ekonomi. Dalam kegiatan ekonomi, pemerintah berhak dan berkewajiban untuk terjun langsung dalam kegiatan ekonomi melalui badan usaha milik negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Tujuannya adalah mengendalikan dan menyetabilkan harga yang ada di pasaran.

Masyarakat Luar Negeri

Masyarakat luar negeri merupakan pelaku ekonomi paling penting dalam perekonomian. Mengingat barang ekonomi sifatnya terbatas, maka taksetiap kebutuhan tersedia dalam negeri. Karenanya, hubungan luar negeri antarsatu negara dengan negara lainnya dalam kegiatan ekonomi ekspor-impor kemudian diadakan untuk mengatasi kelangkaan atau keterbatasan tersebut. Dalam hubungan luar negeri, pelaku ekonomi bisa dikatakan sebagai konsumen atau pemasok. Sebagai konsumen, pelaku ekonomi tentu saja mengonsumsi barang atau jasa yang diproduksi negara lain. Sedangkan sebagai pemasok, pelaku ekonomi lebih dipandang sebagai mitra dagang.

Itulah ulasan tentang para pelaku ekonomi. Semoga bermanfaat!

Loading...
Selanjutnya : Pengertian tentang Alat Ukur dan Satuan Ukur
Sebelumnya: Simfoni No. 9 dalam D Minor - Musik Klasik Paling Romantis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar