Tempat Pariwisata di Bandung Mirip Tangkuban Perahu yang Menarik

Pariwisata di Bandung mirip Tangkuban Perahu bisa Anda temukan di wisata alam Maribaya dan kawah putih Ciwidey Bandung. Walaupun Bandung sudah menjadi kota besar, namun masih memiliki tempat wisata yang bernuansa alam.

Wisata alam Gunung Tangkuban Perahu merupakan yang paling terkenal dan tujuan wisata yang banyak diminati. Terletak di Bandung Utara, sekitar kurang lebih 20 km dari arah kota Bandung. Asal usul Gunung Tangkuban Perahu dikaitkan dengan legenda/ mitos Sangkuriang.

Gunung Tangkuban Perahu termasuk ke dalam jenis gunung yang masih aktif dan terdapat 9 kawah akibat banyaknya letusan yang pernah terjadi dalam 1,5 abad terakhir.

Selain Tangkuban Perahu, terdapat tempat wisata lainnya yang mirip dengan Tangkuban Perahu dan tidak kalah menarik untuk didatangi, antara lain adalah sebagai berikut.

Objek Wisata Alam Maribaya

Maribaya merupakan objek wisata yang terletak di wilayah Bandung, tepatnya di daerah Lembang. Pengunjung dapat menikmati sumber air panas dan beberapa air terjun. Curug yang ada di wisata Maribaya adalah Curug Cikawari, Cigulung, Cikoleang, yang sumber mata airnya dari sungai Cigulung dan Cikawari.

Objek Wisata Alam Kawah Putih

Kawah Putih Gunung Patuha terletak di daerah Ciwidey Bandung, merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di wilayah Bandung Selatan. Kawah Putih merupakan kawah dari Gunung Patuha yang memiliki ketinggian 2434 m dari permukaan laut.

Selain Kawah Putih, terdapat kawah lainnya yang bernama Kawah Saat. Kawah Saat dibatasi oleh dua tebing batu kapur berwarna agak abu (kelabu). Kedua tebing tersebut diberi nama Sunan Ibu dan Sunan Rama.

Danau yang terdapat di Kawah Saat dapat berubah warnanya tergantung cuaca. Jika cuaca hujan atau pada saat pagi hari, kawah akan berwarna putih disertai dengan kabut tipis yang kemudian akan berubah menjadi abu-abu.

Sedangkan, pada saat matahari terbit, pantulan sinar di sisi lereng gunung akan memantulkan warna emas. Jika cuaca cerah, maka akan berwarna hijau agak kebiru-biruan. Keindahan kawah putih ditambah dengan bagian pinggir kawah yang berupa pasir putih, batuan khas dan tumbuhan Cantigi (Vaccinium) semakin memukau mata pengunjung yang datang.

Objek Wisata Air Panas Cimanggu

Pemandian air panas Cimanggu terletak di kawasan Bandung Selatan. Menurut legenda, objek wisata ini memiliki hubungan dengan legenda Gunung Sepuh (Patuha). Di tempat wisata ini terdapat makam Sangiang Buruan dan sumur tujuh, yang sampai sekarang masih banyak orang yang datang untuk berziarah. Pemandian di air panas Cimanggu, dipercaya dapat menyembuhkan penyakit rematik karena memiliki kandungan yodium.

Demikian informasi mengenai tiga tempat pariwisata di Bandung mirip Tangkuban Perahu, yang bisa dijadikan rekomendasi untuk berlibur pekan bersama keluarga atau kawan-kawan.

Selanjutnya : Mengatasi Masalah Trackpad Blackberry Tidak Dapat Bergerak ke Samping
Sebelumnya: Mencari Bisnis Online Paling Diminati
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...