Jenis Bakteri Patogen Dalam Tubuh Manusia


Bakteri sebagai patogen dalam tubuh manusia dapat menyebabkan penyakit. Namun tidak semua bakteri bisa menimbulkan penyakit pada manusia. Bakteri yang memiliki kemampuan menyerang sel-sel tubuh manusia disebut bakteri patogenisitas.

Beberapa faktor yang menyebabkan bakteri bersifat patogenik diantaranya:

1. Fimbriae/Pili

Fimbriae berfungsi membantu melekatkan bakteri pada tempat tertentu karena fimbriae terdapat di permukaan tubuh bakteri dan strukturnya menyerupai rambut. Sebagian besar enterobacteria seperti E.coli memiliki fimbriae atau pili sehingga bisa tetap berada di usus. Bakteri penyebab infeksi saluran kemih bisa bertahan di ureter dan tidak terhanyut oleh urin karena mempunyai fimbriae.

2. Flagela

Flagela adalah alat bantu bakteri untuk berpindah atau bergerak menuju tempat yang terinfeksi melalui struktur panjang yang menyerupai ekor. Patogenisitas bakteri terbantu dengan adanya flagela.

3. Racun/Toksin

Bakteri penghasil senyawa beracun atau toksin adalah bakteri yang sangat berbahaya. Bakteri yang menyebabkan keracunan makanan misalnya bisa menyebabkan muntah, diare, nyeri hebat, demam tinggi, bahkan kelumpuhan.

4. Invasif

Bakteri jenis ini dapat menyebabkan penyakit kronis karena sifat invasifnya yang memakan, merusak, dan menghancurkan sel-sel tubuh. Salmonella typhimurium menyerang sel usus dan menyebabkan diare berat sementara Mycobacterium tubercolosis merusak sel paru-paru (TBC).

Jenis bakteri patogen yang berbahaya bagi tubuh manusia adalah listeria monocytogenes yang menyebabkan penyakit gastroenteritis pada saluran pencernaan dan merupakan penyakit yang sering diderita masyarakat.

Bakteri patogen pada tubuh manusia umumnya masuk melalui makanan dan minuman yang kurang terjaga kebersihannya atau kebiasaan buruk yaitu malas mencuci tangan sebelum makan.

Waspadai keberadaan bakteri patogen karena bakteri ini ada dimana-mana. Pencegahan bakteri patogen dapat dilakukan dengan memasak makanan secara benar karena bakteri ini terbunuh pada temperatur 750C.

Efek bakteri patogen bagi tubuh bisa membahayakan. Namun, bila pertahanan tubuh manusia berfungsi dengan baik maka bakteri patogen tidak akan muncul.

Karena hanya bakteri yang mampu melawan, menghindar atau bersembunyi dari reaksi kekebalan tubuh yang bisa menimbulkan penyakit pada tubuh manusia. Perlawanan terhadap bakteri patogen sangat efektif dilakukan melalui sistem kekebalan atau imunitas yang baik.

Karena itu untuk mencegah berkembangnya patogen dalam tubuh manusia, penting bagi anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi atau mengonsumsi multivitamin agar daya tahan tubuh anda selalu terjaga.

Selanjutnya : Trik dan Panduan Bermain Naruto Ultimate Ninja 5
Sebelumnya: Trik Jitu Pemilihan Tempat Sembako
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar