Perkembangan Patung Kerajinan di Indonesia


Sebelum mengenal lebih jauh tentang Patung Kerajinan Di Indonesia, ada baiknya kita mengetahui apa itu patung dan bahan-bahan apa sajakah yang bisa dibuat patung? Patung kerajinan adalah karya manusia berupa benda tiga dimensi yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni.

Tujuan pembuatan patung adalah untuk menghasilkan karya seni yang bisa bertahan selama mungkin, sehingga tak mengherankan jika patung biasanya dibuat bahan yang bisa bertahan lama dan mahal, misalnya : perunggu, batu marmer, kapur, dan granit. Namun, kadangpula bisa terbuat dari emas, perak, jade, dan gading.

Patung diciptakan sesuai dengan fungsinya sendiri-sendiri. Misalnya di Bali patung digunakan untuk bersembahyang yang tentunya bentuknya berbeda dengan daerah lain. Selain itu, patung juga banyak digunakan sebagai monumen untuk mengabadikan peristiwa penting atau menghormati tokoh atau pejuang kemerdekaan.

Perkembangan Patung sendiri dikatakan cukup meningkat setiap tahunnya, karena semakin banyaknya peminat kerajinan patung yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Beberapa pengrajin patung yang ada di Indonesia diantaranya adalah :

1. Wisata Belanja Kerajinan Patung Kayu Suku Asmat Papua

Jika Anda hendak jalan-jalan ke Papua, maka sempatkan belanja kerajinan patung kayu Suku Asmat yang sudah diakui dunia internasional sebagai hasil karya seni berkelas tinggi. Suku ini bermukim daerah Teluk Flamingo dan Teluk Cook, tepatnya di wilayah pantai sebelah barat daya Papua.

Meskipun berada di pedalaman yang belum dirambah manusia, namun nasib para seniman sejati tak lepas dari perhatian dunia Internasional. Terbukti pada tahun enam puluhan, para pemahat suku Asmat menerima bantuan dari PBB sebagai upaya mempertahankan kelestarian seni patung mereka.

2. Kerajinan Patung di Jatinangor

Kerajinan patung karya perajin Jatinangor tidak hanya digemari di negeri sendiri, tetapi juga melanglang ke mancanegara, seperti, Jerman dan Amerika Serikat. Meskipun sudah memasuki pasar ekspor, namun pemasaran produk buah karya perajin Jatinangor itu tak bisa dilepaskan dari kepariwisataan.

3. Kerajinan Patung di Trowulan

Sebagai salah satu daerah yang memiliki keterkaitan sejarah dengan Kerajaan Mojopahit, Trowulan sangat berpotensi di bidang wisata dan di bidang kerajinan tangan, salah satunya kerajinan pembuat patung. Patung-patung hasil kerajinan perajin Trowulan terkenal hingga mancanegara, seperti Perancis, Amerika, dan lain-lain.

Selanjutnya : Perjuangan Rakyat Dusun Kemusuk
Sebelumnya: Perkembangan Ilmu Kewirausahaan pada Zaman Nabi Muhammad
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar