Pelanggaran HAM di Indonesia Pasal 27 Ayat 1


Pelanggaran HAM di Indonesia Pasal 27 ayat 1 banyak sekali terjadi di lingkungan kita. Tanpa disadari, hampir setiap hari kita mendengar atau membaca berita, baik di media cetak maupun media eletronik yang memberitakan tentang adanya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi. Hal itu dimulai dari pelanggaran yang paling kecil hingga pelanggaran yang paling besar. Contohnya, pelanggaran lalu lintas hingga pelanggaran HAM. Hak Asasi Manusia atau disingkat HAM adalah berupa suatu hak yang diperoleh oleh setiap mahluk hidup, terutama manusia yang ada di muka bumi ini sejak lahir hingga meninggal dunia.

HAM sangat dijunjung tinggi. Hal ini terlihat dengan adanya deklarasi yang diakui oleh pihak PBB. Masyarakat dunia saat ini sadar betapa berharganya jiwa manusia sehingga hal itu diatur di dalam undang-undang. Tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Di dalam Pasal 27 ayat 1 Undang-undang Dasar Republik Indonesia dijelaskan bahwa semua warga Indonesia sama  statusnya dalam hukum dan pemerintahan itu dengan tanpa ada pengecualian. Selain dalam pasal 27, hal itu juga terdapat dalam pasal 28, pasal 29 pasal 30, dan pasal 31 Undang-undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945.

Salah satu contoh pelanggaran HAM di Indonesia pasal 27 ayat 1 adalah: Kasus 30 September yang sering disebut sebagai kasus S30 PKI. Pada saat itu, terjadi penangkapan dan pembunuhan serta penyiksaan. Ada juga kasus seorang buruh pabrik yang bernama Marsina. Marsina adalah seorang wanita yang memperjuangkan hak sebagai buruh, tetapi ia diperkosa, dianiaya, dan dibunuh oleh pihak pabrik. Kasus pada Munir adalah contoh lain yang termasuk kasus pelanggaran HAM. Hak mereka untuk hidup telah direnggut terlebih dahulu sebelum takdir datang atau malaikat maut menjemput.

Pelanggaran HAM di Indonesia pasal 27 ayat 1 tentu masih banyak lagi. Ada yang tidak terdeteksi sama sekali, ada juga yang dibiarkan begitu saja. Pada intinya, hal itu  membuktikan bahwa HAM telah dijunjung tinggi oleh masyarakat dunia.

Selanjutnya : Studi Kasus Penyakit Anemia
Sebelumnya: Membuat Kolase dengan Photoshop
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar