Pelanggaran HAM yang Terjadi pada Masa Reformasi


Pelanggaran HAM yang terjadi pada masa reformasi sekarang ini ternyata masih cukup tinggi. Sesudah masa orde baru berakhir dan masa reformasi menggantikan, banyak orang yang optimis akan masa depan Indonesia yang lebih baik. Hal ini karena reformasi menjanjikan kebebasan masyarakat dalam berpendapat yang pada masa orde baru dikekang. Memang benar masa reformasi memberikan kebebasan berpendapat kepada masyarakat, memang benar tidak ada lagi pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pemerintah kepada rakyat, namun pertanyaan yang muncul adalah benarkan pada masa reformasi sekarang ini sudah tidak ada lagi pelanggaran HAM?

Jawabannya ternyata tidak. Sampai saat ini masih saja terdapat pelanggaran HAM yang terjadi di sekitar kita, hanya saja mungkin kita tidak terlalu menyadari keberadaannya. Pelanggaran HAM yang terjadi pada saat ini berbeda dengan pelanggaran HAM pada masa orde baru. Pada masa orde baru pelanggaran HAM dilakukan oleh pemerintah terhadap rakyat. Sementara itu, pelanggaran HAM sekarang ini justru dilakukan oleh sesama anggota masyarakat.

Contoh paling nyata dari pelanggaran HAM yang terjadi saat ini adalah persekusi terhadap warga Ahmadiyah dan Syiah. Warga Ahmadiyah dan Syiah diburu, diusir, dan bahkan dianiaya oleh sekelompok warga lain. Terdapat pula kasus pelarangan penggunaan dan penutupan beberapa tempat ibadah umat Kristen.

Contoh lain adalah maraknya penyalahgunaan kekuasaan militer yang dilakukan oleh banyak anggota Polri dan TNI. Banyaknya kasus penangkapan sembarangan, penembakan membabi buta, dan yang paling terakhir adalah kasus penembakan polisi oleh sekelompok orang yang diduga anggota TNI.

Contoh lain lagi adalah serentetan kasus pelanggaran HAM di Papua Barat yang terjadi sepanjang tahun 2012 kemarin. Kasus pelanggaran HAM di Papua Barat itu di antaranya kasus penembakan empat warga Degeuwo oleh anggota Polri pada bulan Mei 2012, penyerangan warga Honai Lama oleh anggota TNI pada bulan Juni 2012, serta penangkapan sewenang-wenang dan penyiksaan 10 warga Serui oleh anggota Polri pada bulan Agustus 2012.

Ironisnya, pemerintah seolah-olah menutup mata terhadap semua pelanggaran HAM yang terjadi dan bahkan terkesan melindungi kelompok-kelompok yang melakukan pelanggaran HAM tersebut. Sebenarnya, masih banyak lagi contoh pelanggaran HAM yang terjadi pada masa sekarang ini. Contoh-contoh di atas hanyalah contoh-contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi pada masa reformasi yang paling terkenal dan banyak mendapat sorotan dari berbagai pihak.

Selanjutnya : Nama-nama Hewan Jinak yang Biasa Dipelihara
Sebelumnya: Beberapa Nama Serangga Berbahaya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar