Berbagai Macam Kasus Pelanggaran HAM di Dunia


Hak Asasi Manusia (HAM) adalah salah satu hak yang dimiliki seseorang, sejak ia lahir hingga meninggal. Hak tersebut melekat erat pada dirinya dan tidak dapat diberikan pada orang lain. Dengan adanya hak asasi, seseorang memiliki kebebasan untuk menentukan hidupnya dan mendapatkan perlindungan dari kekerasan atau sesuatu yang merugikan dirinya. Sekali pun sudah ada banyak sosialisasi mengenai urgensi hak asasi, masih saja ada orang yang tidak sadar bahwa hak asasi manusia harus dijaga, terbukti dengan adanya kasus pelanggaran HAM di sekitar kita.

Kasus HAM

Sebenarnya, kasus pelanggaran hak asasi sudah terjadi sejak dahulu. Pelanggaran tersebut bisa diklasifikasikan sebagai pelanggaran hak asasi manusia berat dan pelanggaran hak asasi manusia ringan. Pelaku pelanggaran tersebut bisa siapa saja sehingga hukuman yang sebanding harus ditegakkan dan diberlakukan sesuai tindak kejahatan yang diperbuat.

Kasus pelanggaran hak asasi manusia berat meliputi kejahatan genosida, seperti pembunuhan, pemusnahan sebagian atau seluruh kelompok tertentu, perbudakan, dan berbagai perbuatan lainnya yang tidak memiliki nilai kemanusiaan sehingga menimbulkan luka baik fisik maupun mental. 

Kasus pelanggaran hak asasi manusia ringan lebih sering kita temukan di sekitar, seperti mengganggu kenyamanan dan ketenangan orang lain yang diwujudkan dengan perbuatan tidak menyenangkan, seperti membuat keributan dan mengganggu ketertiban. 

Pelanggaran hak asasi manusia pun tidak terbatas pada orang dewasa. Eksploitasi anak yang dilakukan oleh orangtua untuk menggantikan mereka bekerja juga merupakan salah satu contoh pelanggaran hak asasi manusia. Anak di bawah umur seharusnya mendapatkan hak untuk menempuh pendidikan. Namun, sebagian besar fenomena yang sering kita temukan, anak-anak tersebut justru sibuk mencari nafkah, mulai dari berjualan koran, mengamen, bahkan mengemis.

Kasus kejahatan yang terjadi di masyarakat seringkali ditanggapi sepihak oleh oknum-oknum yang tidak pahan akan pentingnya HAM. Misalnya saja ada seseorang yang kepergok mencuri, masyarakat segera menghakiminya sendiri tanpa memikirkan bahwa yang memiliki hak untuk mengadili si pelaku adalah polisi dan pihak berwajib lainnya. 

Banyaknya pelanggaran HAM yang masih terjadi di lingkungan kita menunjukkan bahwa belum semua masyarakat paham dan mengerti akan pentingnya hak asasi bagi seseorang. Diperlukan sosialisasi bagi mereka agar tidak berlaku menurut kehendak dan emosinya masing-masing. Semoga informasinya bermanfaat.

Selanjutnya : Mens Teratur Saat Minum Pil KB
Sebelumnya: Mengenal Cerpen Terpendek dan Seru
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar