Pelestarian Alat Musik Adat Sunda

Alat musik adat atau tradisional tidak hanya sekadar alat musik yang dimainkan pada waktu-waktu tertentu. Alat musik tradisional merupakan warisan budaya bangsa yang juga menunjukkan identitas negara, walau berbeda bentuk, nama dan juga berasal dari daerah yang berbeda.

Setiap daerah di Indonesia memiliki alat musik tradisional masing-masing dan menjadi ciri khas setiap daerah. Salah satu alat musik tradisional yang sudah dikenal secara umum oleh masyarakat Indonesia adalah alat musik adat Sunda.

Wilayah Sunda yang berada di kawasan Jawa Barat merupakan salah satu wilayah dengan kekayaan budaya yang kental. Alat musik tradisional Sunda juga sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia, bahkan beberapa diantaranya juga sudah dimainkan di beberapa negara.

Alat musik yang berasal dari wilayah Sunda ada beberapa macam, diantaranya:

  • Angklung, Merupakan alat musik yang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyang, suara musik terdengar dari benturan bambu.
  • Calung, Alat musik yang juga terbuat dari bambu akan tetapi untuk menghasilkan bunyi caranya adalah dengan dipukul pada ruas bambunya.
  • Gendang, Alat musik pukul yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau.
  • Suling, Terbuat dari bambu dan termasuk alat musik tiup dan terdiri dari suling dengan empat lubang dan suling dengan enam lubang.
  • Kecapi, Alat musik petik.
  • Arumba (alunan rumpun bambu), Terbuat dari bambu yang awalnya bertangga nada pentatonis kemudian menjadi diatonis.

Semua jenis alat musik tradisional tersebut memiliki ciri khas serta lantunan nada yang tidak kalah dengan alat musik modern. Sudah menjadi kewajiban bagi warga negara yang cinta akan budaya Indonesia untuk menjaga warisan berharga seperti alat musik adat Sunda.

Salah satu caranya adalah dengan banyak mengadakan pertunjukkan musik tradisional, menghargai setiap karya yang berasal dari sentuhan alat musik tradisional, mencoba belajar memainkan alat musik tradisional sebagai bentuk apresiasi diri dan jika memungkinkan menyediakan wadah bagi pelestarian alat musik tradisional dari Sunda khususnya dan alat musik tradisional daerah lainnya.

Kerja sama antara pemerintah dan masyarakat pun diharapkan bisa menjadi kekuatan untuk melestarikan alat musik tradisional tetap tumbuh dan dicintai rakyat Indonesia.

Loading...
Selanjutnya : Mengenali Contoh-contoh Lagu Keroncong Langgam
Sebelumnya: Perkembangan Iklan Media Cetak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar