Berbagai Peluang Usaha di Madiun yang Menjanjikan

Berdasarkan letak geografis dan sosial budaya masyarakatnya, Kota Madiun menjadi wilayah yang memiliki potensi untuk membuka usaha. Kota Madiun memiliki banyak julukan, mulai dari Kota Industri, Kota Pecel, Kota Brem, Kota Sepur, dan Kota Budaya. Mengapa Kota Madiun memiliki banyak  julukan seperti itu?

Nama-nama julukan tersebut diambil dari adanya ciri khas yang melekat pada kota tersebut. Misalnya, adanya pabrik pembuatan loko INKA membuat kota ini disebut Kota Sepur (kereta api). Demikian pula, kuliner nasi pecelnya yang terasa enak dan khas sehingga diberi julukan kota pecel. Oleh karena itu, banyak sekali peluang usaha di Madiun yang dapat kita coba.

Loading...

Kuliner, Peluang Usaha di Madiun yang Menjanjikan

Nasi pecel Madiun sudah terkenal enak. Hampir setiap orang yang mengunjungi kota ini ingin mencicipi pecel khasnya. Nasi pecel Madiun terdiri atas nasi putih, kerupuk atau peyek, tempe, aneka sayuran seperti tauge, bunga turi, daun kemangi, bayem, dan bumbu pecel khasnya. Makanan khas ini bisa diusahakan mulai dari modal kecil-kecilan hingga bermodal besar. Selain itu, oleh-oleh khas Madiun seperti brem layak sebagai usaha. Aneka oleh-oleh kering lainnya, seperti madu mongso, keripik, wingko, wader krispi, pantas dibuat usaha untuk mendulang laba.

Peluang Usaha di Madiun dalam Bidang Pendidikan

1. Indekos

Sebagai Kota Pelajar, usaha indekos selalu dibutuhkan oleh para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan. Ada sekitar 16 perguruan tinggi di Kota Madiun. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang berasal dari luar kota berdatangan ke Kota Brem ini. Apalagi, kota tersebut memiliki beberapa perguruan tinggi yang terkenal di tingkat nasional maupun Internasional.

2. Lembaga Bimbingan Belajar

Puluhan Sekolah Menengah Atas dan kejuruan tersebar di Kota Pecel. Para pelajar yang menuntut ilmu pasti membutuhkan nilai prestasi yang tinggi di sekolahnya. Agar berprestasi, siswa dapat mengikuti bimbingan belajar. Tidaklah mengherankan jika di setiap sudut kota berdiri lembaga bimbingan belajar untuk memberikan arahan kepada para pelajar.

3. Kota Perdagangan, Pendidikan, dan Industri

Peluang usaha di Madiun yang menjanjikan adalah berdagang konveksi untuk memenuhi kebutuhan sandang karyawan dan mahasiswa. Masyarakat akan antusias memburu berbagai pakaian, sebagai seragam sekolah, kuliah, bekerja, dan lain-lain. Permintaan konveksi akan terus-menerus ada seiring dengan pergantian tahun kalender pendidikan dan masuknya para karyawan.

Demikianlah informasi singkat tentang peluang usaha di Madiun. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca.

Loading...
Selanjutnya : Macam-Macam Minuman dalam Kemasan
Sebelumnya: Nama Anak Laki-Laki Dalam Kristen Protestan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar