Saat Menjadi Pemain Basket Dadakan (Cadangan)

Pernahkah Anda ditunjuk menjadi pemain inti mendadak cadangan sebuah tim basket?

Waktunya biasanya spontan, bisa jadi saat Anda jogging lalu Anda dipanggil oleh orang di lapangan basket menanyakan apakah Anda dapat bermain basket dengan mereka. Untuk membangun satu chemistry tim yang bagus ada 10  hal-hal yang harus dilakukan saat menjadi pemain basket dadakan:

1. Jangan terlalu mementingkan fesyen

Apapun fesyen, misalnya kaus jersey yang Anda pakai, tidak akan mengurangi pendapapat orang lain jika memang Anda bermain dengan bagus. Tak perlu fesyen yang terlalu memperlihatkan kerapihan Anda. Ada satu anggapan, “Semakin mengkilap sepatu, celana dan jersey yang Anda kenakan, kemungkinan makin jelek permainan Anda”.  Jadi berpenampilanlah ang tidak terlalu mencolok. Kaos jersey bekas klub waktu di kampus atau sekolah  dulu mungkin bisa dijadikan pilihan.

2. Gunakan kaus saat bertanding

Pernahkan membayangkan bertanding basket melawan sekumpulan orang yang bertelanjang dada. Tak satupun dari kita ingin menubrukan bandan kita ke dada, perut dan ketiak pada saat bertanding basket. Kecuali kalian ingin melakukan ini sebagai salah satu trik agar menang. Gunakan kaos katun jika Anda tidak ingin memakai jersey yang tidak nyaman karena bisa bertambah berat ketika keringat anda mulai banyak mengucur ke badan Anda.

3. Jangan terlalu ingin terlihat pintar

Kelihaian dan mengetahui segala teknik memang diperlukan oleh seorang pebasket. Tapi bukan berarti Anda harus menggurui atau menunjukkan bahwa Anda mengetahui semua teknik yang harus dikuasai pebasket. Terkadang Anda hanya harus menguasai dan mempraktekan teknik tersebut, terlebih dari mengetahuinya saja.

4. Kenali Kemampuan Anda

Tak perlu menjagi pencetak angka jika Anda belum memiliki kemampuan untuk menjadi seorang Point Guard. Kenali posisi mana yang mungkin dapat membuat Anda memperlihatkan kelihaian Anda bermain Basket.  Dan jika Anda sudah tahu spesialisasi apa anda bermain basket, jangan lupakan untuk bermain satu tim. Bukan berarti Anda tidak melakukan defense yang baik jika Anda seorang Small Forward. Dapat bekerja sama dalam tim akan membuat permainan Anda lebih cemerlang

5. Jangan Terlalu Sering Mengomentari Permainan Sendiri

Kadang ada beberapa faktor yang membuat permainan Anda menjadi buruk, padahal biasanya Anda bisa melakukan beberapa teknik secara mulus. Tapi hal tersebut bukan berarti mebuat anda selalu menunjukkan kepada teaman satu tim kalau Anda biasanya bisa melakukan teknik yang gagal itu secara mulus. Kadang yang dibutuhkan hanya bagaimana untuk kemudian hari, di permainan selanjutnya Anda bisa membuat teknik tersebut menjadi lebih mulus disbanding membuat teman satu tim anda jengah mendengar Anda mengomentari permainan Anda sendiri.

6. Jangan Melakukan Tipuan Murahan

Anda meminta bola pada tim lawan saat ia melakukan rebound, ketika yang menerima rebound adalah pemain yang baru dipilih dan tidak mengetahui siapa saja yang menjadi timnya atau kebingungan dengan timnnya. Tipuan murahan itu sudah tidak dapat diterima lagi pada saat Anda bermain dengan tim baru, bukan tanding santai dengan teman-teman yang biasanya.

7. Jangan Mengumpat

Jika Anda bermain dengan teman-teman dekat, kadang permainan santai Anda diselingi dengan gurauan salah satunya mungkin saling mengumpat. Tapi tidak direkomendasikan untuk mengumpat jika Anda bermain dengan tim baru Anda. Ada banyak pemain basket NBA yang sering mengumpat di permaianan basket, tapi bukan berarti Anda akan terlihat keren jika melakukan hal yang sama dengan mereka.

8. Permainan Tidak Hanya Soal Menyerang Saja

Kebanyakan orang yang bermain basket secara spontan, hanya terpaku pada mencetak angka. Mungkin karena memang bukan tim yang biasa bermain sebelumnya, Anda tidak memiliki rasa kesatuan tim seperti yang Anda miliki dengan tim basket sungguhan.

9. Jangan Terlalu Cari Muka

Jangan karena Anda menjadi pemain cabutan dari tim yang terbiasa bermain bersama lalu anda memcari muka dan bersikap terlalu manis dan banyak memuji pada salah satu atau tim sepenuhnya. Hal ini mungkin akan membuat mereka berpikir bahwa Anda sedang merayu untuk diajak lagi bermain suatu saat nanti. Mungkin jika permainan Anda bagus, anda akan mempunyai kesempatan untuk bergabung lagi. Tetapi jika tidak? Mungkin mereka akan melupakan Anda dan mengingat sifat Anda yang selalu cari muka.

10. Jangan Terlalu Terpaku Pada Peraturan NBA

Terkadang ada peraturan sendiri dalam setiap pertandingan yang tidak professional. Jadi kenali dulu tim dan peraturan permainan dari tim yang Anda mainkan. Jangan dulu menyalahkan hal yang mereka lakukan sebelum Anda mengetahui mengapa mereka tidak mau melakukan peraturan tersebut. Kadang mereka hanya bermain hanya untuk melatih teknik saja bukan berlomba mencetak banyak angka.

Basket merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia. Dan menjadi salah satu tren paling terkenal di Amerika. Di Indonesia pun olahraga ini menjadi salah satu yang paling diminati karena memang olahraga yang sederhana. Bagi Anda yang belum pernah melakukan olahraga ini, mungkin terlihat sangat sederhana namun jangan salah olahraga ini juga banyak teknik-teknik yang perlu dipelajari dan aturan yang harus ditaati. Saat Anda memainkan olahraga ini perhatikanlah banyak aturan yang diberikan walaupun bukan kelas NBA agar olahraga yang dimainkan lebih menyenangkan.

Selanjutnya : Haruskah Anda Menerima Promosi Tanpa Naik Gaji?
Sebelumnya: Hal yang Tidak Boleh Diungkapkan Kepada Atasan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...