Pemain Eropa Kelahiran Indonesia atau Keturunan Indonesia

Tidak disangka, ternyata banyak pemain Eropa kelahiran Indonesia atau keturunan Indonesia yang dapat menuai prestasi bagus, terutama pemain yang terjun di bidang permainan sepakbola. Kebanyakan dari mereka dari mereka mempunyai ayah maupun ibu kandung yang berasal dari Maluku meski tidak semuanya.

Pemain yang Bergabung dengan Klub Belanda

Sebagian besar dari pemain tersebut bergabung dengan klub sepakbola Belanda. Misalnya Simon Melkianus Tahamata yang lahir pada tahun 1956 di Vugh Belanda. Bahkan dia keturunan asli Maluku dan pernah membela tim nasional Belanda hingga 22 kali. Saat ini dia menjadi pelatih di klub Ajak yunior. Sebelum jadi pelatih dia bergabung dengan klub Feyenoord Roterdam dan De Kuip.

Jika melihat namanya yaitu Donovan Partosoebroto orang pasti menjadi yakin jika pemain yang usianya masih 18 tahun ini merupakan keturunan Jawa. Saat ini dia menjadi salah satu pemain dalam klub Ajax yunior serta menyandang status sebagai kipper.

Pemain lain yang juga berasal dari Jawa adalah Vincent Partosoebroto yang masih mempunyai hubungan saudara dengan Donovan. Dia bergabung dengan klub FC Hoofdorp serta bertindak sebagai penyerang atau striker.

Prestasi yang tidak lebih membanggakan lagi diraih oleh Giovanni van Brockhoorst yang ibunya berasal Saparua, Maluku Tengah. Dia terpilih menjadi kapten kesebelasan Belanda saat berlaga di Piala Dunia tahun 2010.

Pemain yang Bergabung dengan Klub Negara Lain

Selain Belanda, masih ada beberapa pemain Eropa kelahiran Indonesia yang bergabung dengan klub lain di Eropa. Salah satunya yaitu Emil Audero Mulyadi yang lahir di daerah Mataram Nusa Tenggara Barat pada 18 Januari 1997.

Saat ini dia jadi penjaga gawang utama di sebuah klub sepakbola Italia yaitu Juventus Yunior U-17. Prestasi remaja ini sangat membanggakan, bahkan diprediksi suatu saat nanti bisa mengganti kedudukan seniornya Gianluigi Buffon.

Dari Bali juga melahirkan pemain sepakbola yang saat ini bergabung dengan klub CFR Cluj. Dia adalah Gavin Kwan Adsit yang saat ini berusia 17 tahun. Gavis sering berhasil menjebol gawang lawan melalui tendangan mautnya, terutama dalam kompetisi yang diadakan di negara Rumania. Karena itu tidak mengherankan masyarakat di sana sangat akrab dengan namanya.

Arthur Irawan merupakan pemain Eropa kelahiran Indonesia yang sekarang bergabung dengan klub Es Spanyol. Namun sebelumnya pemuda yang lahir di Surabaya pada tanggi 3 Maret 1993 ini sempat menjadi pemain di sebuah klub amatir Inggris yaitu Lytham Town. Selain itu dia juga pernah mengasah ketrampilan sepakbolanya di klub Manchsester United.

Loading...
Selanjutnya : Prestasi Pembuatan Pesawat Tempur Indonesia
Sebelumnya: Pasangan Artis Serasi di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar