Pemanfaatan Energi Alternatif


Pemanfaatan energi alternatif menjadi langkah penting di era serba canggih ini. Selain itu, energi alternatif dapat menurunkan tingkat biaya jika harus menggunakan energi baku atau standar. Contoh energi alternatif antara lain adalah energi cahaya matahari, energi atom. Angin, energi dari bahan dasar alami seperti bioenergi dan lain sebagainya.

Energi Alternatif dan Manfaatnya bagi Kehidupan

Bioenergi sebagai salah satu bentuk energi alternatif sudah mulai diproduksi dan dipasarkan. Mulai dari pembuatan etanol dari bahan dasar singkong hingga dijadikan sebagai alternatif baru bahan bakar minyak pengganti bensin sampai dengan adanya biogas yang dihasilkan dari kotoran sapi dan kotoran hewan lain. Di beberapa kota,  salah satunya Surabaya, biogas dari kotoran sapi sudah banyak dipakai untuk menyalakan kompor sebagai pengganti gas LPG yang kini harganya kian membumbung.

Selain energi yang berkaitan dengan bahan bakar dan gas, energi listrik juga dapat mulai digantikan dengan alternatif pemakaian tenaga cahaya matahari atau sering disebut sebagai tenaga surya atau solar energi. Tenaga yang bersumber dari cahaya matahari sangat tidak terbatas. Cahaya matahari sebagai sumber dari seluruh sumber energi dapat dipakai untuk berbagai jenis keperluan.

Dimulai dari penggunaan alat elektronik yang menggunakan tenaga surya seperti kalkulator, jam atau arloji sampai dengan pompa air dan pemasa air yang juga menggunakan tenaga dari matahari. Bahkan kini tenaga sinar matahari ini sudah mulai dipakai pada kendaraan bermotor. Mobil tenaga surya kini mulai diproduksi di beberapa negara meskipun masih dalam taraf penyelidikan lebih lanjut.

Kemudian tenaga listrik sendiri kini juga mulai digunakan sebagai alternatif pengganti bahan bakar minyak. Energi listrik dengan arus lemah seperti baterai pun telah diuji coba di beberapa negara. Motor listrik dan sepeda listrik sudah mulai dipasarkan di negara-negara baik maju maupun berkembang. Di Indonesia pun saat ini mulai beredar penjualan sepeda motor listrik.

Angin sebagai salah satu jenis energi alternatif juga mulai diteliti kemanfaatannya. Tenaga angin dikembangkan sebagai alternatif penggerak listrik dan mulai dioperasikan di Kanada pada 2005. Angin ini dimanfaatakan berdasarkan kemampuannya menggerakkan turbin sehingga dihasilkan arus listrik. Tenaga listrik dari angin ini masih terus diteliti untuk selanjutnya dapat dipergunakan secara luas.

Pemanfaatan energi alternatif akan menambah daya guna semua bahan dan benda alam. Selain itu, dapat menurunkan risiko habisnya sumber daya alam yang ada di muka bumi yang efek positifnya adalah meningkatkan kelestarian dan keseimbangan alam.

Selanjutnya : Apakah Antioksidan Isoflafon?
Sebelumnya: Cara Mengatasi Keputihan dengan Daun Sirih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar