Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga


Pemanfaatan limbah rumah tangga mulai dari dapur. Tempat masak inilah yang paling banyak menghasilkan sampah rumah tangga. Buangan dari dapur itu cukup banyak karena memang dapur sebagai pusat aktivitas untuk urusan perut. Hal biasa dilakukan adalah mengolah sampah dapur menjadi kompos.

Hal yang Tidak Biasa Dilakukan

Pemanfaatan limbah rumah tangga dari dapur menjadi bahan makanan dan sumber kalsium. Ini mungkin bisa dikatakan sebagai pemanfaatan limbah yang tidak biasa. Dibutuhkan ketrampilan khusus. Contohnya, kulit jeruk yang dijadikan pengusir nyamuk. Kulit jeruk tersebut dikeringkan sebelum dibakar menjadi obat pengusir nyamuk.

Kulit jeruk Bali dikeringkan dan dihaluskan. Setelah itu dijadikan sebagai campuran susu. Kandungan dalam kulit jeruk ternyata bisa menjadi katalisator mempercepat penyerapan kalsium. Untuk para wanita, serbuk kulit jeruk Bali ini tentu sangat bermanfaat.

Kulit jeruk sunkis bisa dijadikan selai yang disebut dengan marmelade. Tentu akan sangat menyegarkan makan selai buatan sendiri. Cara membuatnya pun tidak sulit. Untuk rasa yang tidak pahit, buang bagian putih kulit jeruk. Agar terasa manis, campurkan juga beberapa jenis jeruk seperti jeruk Mandarin. Iris kecil-kecil, tambahkan air dan gula cukup banyak.

Masak hingga mengental. Inilah selai marmelade buatan sendiri yang tentunya akan terasa asam, manis, sedikit pahit, rasa yang sangat khas dari selai yang banyak digunakan oleh orang Inggris dan bangsa Eropa lainnya. Dengan memanfaatkan kulit jeruk, tidak hanya makanan yang didapatkan tapi juga ‘memperpanjang’ usia buangan dari dapur.

Barang dan Perabot Rumah Tangga

Ketika ekonomi keluarga membaik, biasanya ada keinginan membeli perabotan baru. Sebelum melakukan hal ini, ada baiknya mempertimbangkan membuat barang baru dari perabotan lama. Misalnya, lemari lama atau kursi yang lama dibongkar dan dibentuk model lain yang lebih terlihat kekiniannya.

Kalau tidak bisa melakukannya sendiri, bisa meminta orang lain yang lebih ahli. Biasanya hasilnya akan terlihat lebih bagus. Dengan dicat lagi, papan bekas kursi dan lemari bisa menjadi rak buku atau kursi multi guna yang di dalamnya ada tempat penyimpanan. Cukup dengan menambahkan busa agar ketika diduduki terasa lebih nyaman.

Barang Elektronik

Hal yang mungkin agak sulit dilakukan adalah mendaur ulang sendiri barang-barang elektronik. Sebenarnya, barang elektronik ini masih bisa digunakan dengan mengambil bagian yang penting seperti motor penggerak. Selanjutnya motor penggerak ini digunakan untuk menggerakkan barang lain. Sepertinya pemanfaatan limbah rumah tangga model ini membutuhkan pengetahuan khusus.

Selanjutnya : Pembahasan Unsur Konstitusi
Sebelumnya: Nama Pemain Keturunan Indonesia di Jerman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar