Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) Tambang demi Kesejahteraan Indonesia


Indonesia sangat kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), khususnya yang berasal dari pertambangan. Kandungan mineral di dalam perut bumi negara kita ini sangat beragam dan kaya, membuat negara kita sebenarnya memiliki potensi untuk menjadi negara besar.

Sayangnya selama ini kita tidak bisa memanfaatkan semua dengan sebaik-baiknya, dan akibatnya justru perusahaan-perusahaan asing yang mendapatkan keuntungan dari kekayaan alam kita.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) tambang di bumi Indonesia sudah saatnya diambil alih oleh negara demi kepentingan rakyat sebesar-besarnya sesuai dengan UUD 1945.

Banyak Sumber Daya Alam (SDA) dari pertambangan yang nilai ekonomisnya sangat tinggi, mengingat fungsinya sangat vital dalam kehidupan sehari-hari namun sayangnya jumlahnya terbatas karena merupakan Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak bisa diperbarui.

Oleh karena itu tak heran jika sumber-Sumber Daya Alam (SDA) tambang yang termasuk dalam kategori ini seperti minyak bumi harganya semakin lama semakin melambung tinggi.

Berikut contoh-contoh hasil tambang dan fungsinya dalam kehidupan:

Minyak bumi

Minyak bumi bisa diolah menjadi berbagai macam produk seperti; bensin berguna sebagai bahan bakar kendaraan yang menggunakan mesin bermotor, minyak tanah penting untuk bahan bakar kompor minyak maupun lampu minyak, liquid natural gas yang juga penting sebagai bahan bakar kompor, oli yang digunakan sebagai pelumas mesin baik di kendaraan maupun di industri, avtur yang merupakan bahan bakar untuk pesawat udara, vaselin yang berguna di dunia kesehatan sebagai salep dan bahan campuran obat, aspal yang merupakan bahan dasar utama pembangunan jalan raya.

Batu bara

Manfaat utama batu bara sebagai bahan bakar di dunia industri dan juga di tingkat rumah tangga.

Biji Besi

Berbagai peraltan rumah tangga dan peralatan pertanian banyak menggunakan bahan biji besi.

Emas dan Perak

Logam mulia ini tidak memiliki fungsi yang vital sebenarnya, karena hanya sebagai perhiasan. Namun perannya sangat penting dalam perekonomian dunia.

Marmer

Bahan bangunan rumah dan gedung banyak menggunakan marmer sebagai bahan campuran.

Belerang

Korek api dan obat untuk menyembuhkan penyakit kulit tercipta berkat adanya belerang.

Grafit

Pensil dan baterai mengambil grafit sebagai bahan bakunya.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) tambang yang melimpah seharusnya bisa mensejahterakan masyarakat Indonesia seluruhnya, bukan memperkaya perusahaan-perusahaan asing dan para pejabat korup.

Selanjutnya : Teknik dan Kumpulan Rumus dengan Menggunakan Total Sampling
Sebelumnya: Jalur Silang Merupakan Jalur Penyebaran Agama Hindu Budha di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar