Pembacaan Ayat Suci Alquran

Kapan pembacaan ayat suci alquran dilakukan? Bagi umat islam, membaca dan memahami kitab suci Al Quran adalah kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, karena didalamnya terdapat ilmu dan pengetahuan tentang perintah Allah dan kehidupan para nabi serta orang-orang shalih pada zaman dahulu.

Selain itu, banyak sekali manfaat dari membaca ayat suci alquran, diantaranya adalah mendatangkan pertolongan Allah, membantu menyembuhkan penyakit, menangkal syetan, dan masih banyak yang lainnya. Pentingnya pembacaan ayat suci alquran pada beberapa moment penting dalam kehidupan, membuat beberapa orang selalu menyediakan waktu untuk membacanya.

Pembacaan ayat suci alquran umumnya dilakukan pada beberapa moment sakral, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Acara walimatul hamli
  2. Acara walimatul urusy
  3. Acara walimatul khitan
  4. Acara walimatul nikah
  5. Acara walimatul haji
  6. Syukuran
  7. Dibacakan untuk orang sakit atau sakaratul maut
  8. Dibacakan pada saat menghadapi persalinan
  9. Dan masih banyak moment penting lainnya.

Sebenarnya terlihat aneh jika kitab suci yang merupakan pedoman hidup umat islam hanya dibaca pada moment-moment penting saja. Sudah semestinya jika pembacaan ayat suci alquran dilakukan setiap saat dan setiap waktu hingga Anda bisa menghafal dan juga memahami dengan benar apa isi dan kandungan didalamnya. Agar Anda merasa lebih ringan dan bersemangat dalam membaca dan mengamalkan alquran, simak tipsnya berikut ini.

1. Mendengar

Biasakan diri untuk mendengar dan menikmatinya agar rasa cinta dan keinginan untuk membaca, menghapal dan memahaminya semakin kuat.

2. Target

Targetkan untuk selalu membaca alquran meskipun hanya satu ayat perhari

3. Manfaat

Mengenal manfaat pembacaan alquran untuk dunia dan akhirat, yang diantaranya : menanamkan kecintaan kepada Allah dan Nabinya, menghilangkan stres, meningkatkan kesehatan jiwa dan raga, mencegah dan mengatasi penyakit pikun, mendatangkan ketenangan, mendatangkan syafaat di hari kiamat, meningkatkan syukur, dan lain sebagainya.

4. Kecintaan

Tanamkan kerinduan dan kecintaan kepada alquran. Hanya dengan cara itulah maka Anda akan merasa hampa jika tidak membaca ataupun mendengar bacaan alquran.

Pembacaan ayat suci alquran bisa dilakukan tanpa batasan waktu. Namun terdapat beberapa waktu yang tepat dan utama untuk membacanya. Di antaranya adalah ketika beribadah shalat, pada waktu malam hari, dan setelah shalat subuh. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda semua, serta menjadikan kita sebagai hamba yang istiqamah dalam menjaga dan mengamalkan alquran.

Selanjutnya : Pendiri Wing Chun Indonesia
Sebelumnya: Berbagai Manfaat Pantun bagi Dunia Pendidikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini