Pembagian Filsafat


Banyak dari kita yang mungkin merasa asing dengan filsafat. Bahkan mungkin bagi beberapa orang, filsafat adalah sesuatu yang sangat dan susah untuk dipahami. Padahal bisa dibilang dalam hidup kita pasti akan mengaplikasikan ilmu ini. Setiap ilmu yang kita pelajari di sekolah dan bangku kuliah juga tidak lepas dari filsafat. Kita akan lebih memahami ilmu ini jika sedikit tahu tentang pembagian filsafat.

Pengertian Filsafat

Filsafat berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti cinta atas kebijaksanaan. Karena itu ilmu ini jelas sering kita praktikan secara tidak sadar atau sadar dalam kehidupan sehari-hari. Kita sering mempelajari sesuatu, bertanya, merasa heran, dan mencari tahu akan sesuatu hal dalam hidup kita. Kegiatan ini bahkan hampir pasti kita lakukan setiap harinya. Karena itu seorang Aristoteles sempat menyebut manusia sebagai hewan yang berpikir.

Filsafat berusaha untuk mencari penjelasan terhadap sesuatu hal. Bisa saja suatu hal tersebut sudah kita ketahui lewat sebuah informasi atau pengalaman hidup. Namun dalam ilmu pengetahuan, suatu hal itu seringkali tidak hanya dipersepsikan dalam satu versi.

Adanya sudut pandang yang berbeda dan juga variabel yang dipakai untuk mengkaji suatu masalah bisa menghasilkan kesimpulan yang berbeda pula. Perkembangan teknologi, teknik penelitian, fakta baru, dan fenomena yang baru bisa membuat pandangan kita terhadap suatu hal bisa berubah.

Contoh gampangnya tentang bentuk bumi. Pada mulanya banyak orang yang mempercayai bahwa dunia ini datar seperti karpet. Karena fakta ini, maka banyak orang yang mengelana untuk mencari ujung atau tepi dari dunia.

Beberapa pihak bahkan mewanti-wanti agar jangan bepergian terlalu jauh agar tidak terjatuh ketika berada di tepi dunia. Fakta baru membuktikan bahwa bentuk bumi seperti apa yang kita ketahui sekarang ini.

Filsafat sangat erat dengan budaya berpikir logis. Logika sangat penting dalam ilmu filsafat. Filsafat juga sangat waspada dengan tipuan akal. Maksudnya adalah suatu hal terlihat sangat logis oleh panca indera dan juga otak kita. Padahal hal tersebut sangatlah tidak logis jika telah dibuktikan secara empiris.

Selanjutnya : Mengenal Anatomi Lidah
Sebelumnya: Anatomi Aliran Darah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar