Pembagian Jaringan Epitel pada Tubuh Manusia


Pembagian jaringan epitel pada tubuh manusia bisa dikategorikan dalam beberapa hal.Tapi sebelumnya kita harus mengetahui dulu apa yang dimaksud jaringan terlebih dahulu.Jaringan adalah kumpulan sel yang memiliki persamaan bentuk dan fungsi.Sedangkan jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi permukaan tubuh, organ-organ tubuh dalam dan rongga-rongga tubuh.Terdiri atas sel-sel berbentuk poligonal yang saling berkaitan erat dan tersusun rapat.Fungsinya melapisi suatu rongga, menerima rangsang dan juga sebagai kelenjar.

Bentuk sel epitel bermacam-macam.Ada yang kubus, silindris dan juga pipih.Susunannya berlapis-lapis walau ada juga yang hanya satu lapis.Misalnya sel epitel pada dinding usus halus yang hanya tersusun satu lapis dengan dinding berbentuk silindris.

Tipe Jaringan Epitel

Ada beberapa tipe jaringan epitel pada tubuh manusia.Misalnya berdasarkan asalnya, jaringan epitel dibedakan menjadi epidermis.Merupakan lapisan pada permukaan luar tubuh.mesotelium, lapisan pada rongga tubuh, dan endothelium yakni jaringan epitel yang melapisi sebagian besar organ dalam tubuh.

Sedangkan berdasarkan fungsinya, jaringan epitel dibedakan menjadi epitel membran yang melapisi permukaan luar dan dalam.Dan epitel kelenjar yang tumbuh ke dalam jaringan ikat di bawahnya.Epitel kelenjar menghasilkan hormon, mucus, enzim, keringat dan lain sebagainya.

Menurut susunan dan bentuknya, sel epitel dibedakan menjadi epitel selapis atau epitel sederhana, epitel berlapis semu  dan  epitel berlapis. Epitel berlapis terdiri dari epitel pipih selapis.Lokasi jaringan epitelnya terdapat pada alveoli, pleura, pericardium, peritonium,kapsula glomerulus, endotel dan pembuluh limpe. Epitel kubus selapis lokasi jaringan  epitelnya terdapat pada kelenjar keringat, tubula ginjal, saluran kelenjar ludah, permukaan ovari dan permukaan dalam lensa mata serta sel-sel berpigmen dari retina. Pada epitel silindris, lokasi jaringan epitelnya terdapat pada rongga hidung,uterus,saltran uterus, kantong empedu, kelenjar pencernaan, lambung dan usus.Sedangkan epitel berlapis semu hanya tersusun dari satu lapis sel.Dan epitel transisi adalah epitel yang mampu mengubah bentuk.Terdapat pada tempat yang sering mendapat tekanan seperti pada kandung kemih.

Demikianlah pembagian jaringan epitel pada tubuh manusia.Semoga dapat membantu mereka yang sedang belajar tentang biologi khususnya tentang jaringan epitel.

Selanjutnya : Edit Foto Menawan Online
Sebelumnya: Meneladani Sifat Umar Bin Khattab Terhadap Istrinya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar