Pembagian Tumbuhan Dikotil dan Monokotil


Tumbuhan terbagi menjadi dua bagian, yatu pembagian tumbuhan dikotil dan monokotil. Dikotil adalah tumbuhan berbiji belah, sedangkan monokotil adalah tumbuhan berbiji tuggal.

Struktur pada Tumbuhan

Seperti manusia, tumbuhan juga mempunyai organ. Organ yang terdapat pada tumbuhan diantaranya akar, batang, dan daun. Secara umum, akar tersusun dari jaringan epidermis dan sistem jaringan dasarnya adalah endodermis, korteks, empulur, dan sistem berkas pembuluh.

Di dalam sistem berkas pemubuluh terdapat xilem dan floem tersusun silang. Anatomi akar pada pembagian tumbuhan dikotil dan monokotil itu berbeda.Sedangkan pada bagian batang, anatominya tersusun dari epidermis dan juga stomata.
Sistem jaringan dasarnya sama seperti pada akar. Yang membedakan adalah susunan xilem dan floemnya saja karena di dalam batang baik tumbuhan dikotil atau monokotil, xilem dan floem tersusun berbeda. Untuk dikotil, xilem dan floem tersusun melingkar, sedangkan pada tumbuhan monokotil tersusun tersebar.

Untuk bagian daun, banyak perbedaan antara tumbuhan dikotil dan monokotil, mulai dari sistem jaringan dasar sampai dengan sistem berkas pembuluhnya. Untuk tumbuhan dikotil, mesofil terdiri atas bunga karang dan jaringan pagar, tapi tidak dengan tumbuhan monokotil. Xilem dan floem pada sistem berkas pembuluhnya berada pada tulang daun.

Klasifikasi Tumbuhan

Dikotil merupakan tumbuhan yang bijinya terbelah atau bisa juga disebut berkeping dua. Ciri tumbuhan dikotil adalah bentuk akarnya tunggang, memiliki pola daun, bentuk sumsum tulang daun menjari, tidak memiliki tudung akar, keping biji ada dua, terdapat kambium pada akar dan batang yang dapat membesar, batang bercabang, memiliki jumlah kelopak yang genap, dan pembuluh pengangkutnya bekerja secara teratur.

Monokotil disebut biji tunggal karena bijinya tumbuh utuh, hal ini terjadi sebab tumbuhan ini hanya mempunyai daun lembaga. Tumbuhan dengan klasifikasi ini biasanya berguna bagi manusia karena kebanyakan dapat dijadikan sumber pangan, sumber energi nabati, zat pewarna, dan sumber bahan baku industri.

Ciri tumbuhan monokotil adalah akar serabut, tulang daun sejajar, memiliki tudung akar (kaliprogen), keping biji tunggal, tidak memiliki cabang batang karena tidak mempunyai kambium pada batang, jumlah kelopak berkelipatan tiga, mempunyai batang dan akar lembaga.

Suku-Suku Tumbuhan

1. Dikotil

  • Suku Euphorbiaceae (batang dan daun dapat mengeluarkan getah putih): Jarak, Umbi, Singkong, dan karet.
  • Suku Solanaceae (bunga berbentuk bintang): Terong, Tomat, Cabe, dll.
  • Suku Papilionaceae (bentuk mahkota bunga seperti kupu-kupu): segala jenis kacang-kacangan.
  • Suku Putaceae (bunga berbau harum): segala buah yang mengandung vitamin C.
  • Suku Myrtaceae: Jambu biji dan Jambu air.

2. Monokotil
Suku anggrek, Suku Gaminae (padi-padian), Suku Palmae (pinang-pinangan), Suku Alliaceae (bawang-bawangan), dan Suku Musaceae (pisang-pisangan).

Demikian uraian mengenai pembagian tumbuh-tumbuhan berdasarkan jumlah bijinya. Semoga uraian pembagian tumbuhan dikotil dan monokotil tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Macam Game Komputer untuk Anak-Anak
Sebelumnya: Konflik Dua Negara yang Dibatasi oleh Sungai Nil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar