Pembahasan Buah Mangga Kelapa

Pembahasan buah mangga kelapa tak ada habisnya. Hal itu tak lepas dari keunikan yang dimilikinya. Buah tersebut mempunyai ukuran lebih besar dibanding jenis mangga lainnya seperti arumanis, golek, manalagi dan lain sebagainya. Bahkan satunya saja ada yang mencapai berat 2  kilogram. Tak mengherankan kalau menjadi jenis mangga  paling besar di dunia.

Adapun ciri-ciri buah mangga kelapa terletak pada tangkai buah yang panjang. Malah bisa mencapai 1,5 meter. Tetapi dalam satu tangkai hanya terdapat satu buah.

Jika tangkai buah tersebut dipetik mengeluarkan getah, berarti mangga tersebut masih mentah atau ranum. Rasanya akan masam. Sebaliknya, dikatakan sudah matang kalau dipetik sudah tidak mengeluarkan getah lagi. Rasanya pun akan manis dengan kadar air cukup tinggi di dalamnya. Tekstur daging buahnya juga lunak tanpa serat. Ditambah bijinya yang tipis plus aroma wanginya yang menggoda. Akibatnya, banyak orang penasaran dibuatnya.

Dan ternyata, membudidayakannya juga tidak susah. Bisa dilakukan dalam drum segala, Kalau bibitnya  baik, media tanamnya tepat, perawatannya benar, maka dalam waktu 2 tahun setelah masa tanam, mangga kelapa sudah mampu berbunga. Empat bulan kemudian dapat dipetik hasil buahnya. Sesudah selesai berbuah, akan berbunga dan berbuah lagi. Begitu seterusnya.

Tak hanya itu, mangga ini mempunyai kelebihan lain. Bentuknya bulat lucu menyerupai kelapa dan bukannya lonjong seperti jenis mangga lainnya. Mungkin karena faktor itulah orang menamakannya mangga kelapa. Karena baik warna, bentuk dan ukurannya memang mirip kelapa gading, sejenis kelapa berwarna hijau.

Sampai saat ini pembahasan buah mangga kelapa masih terus dilakukan. Hal itu karena keberadaan buah itu kini sudah langka, Tetapi berbagai upaya sudah dilakukan untuk melestarikannya.

Salah satu caranya dengan menjual bibitnya. Artinya, kita tidak harus  mendapatkannya di daerah asalnya, Sumatera Utara. Dengan keberadaan bibit tersebut, kita bisa  ikut melestarikan tanaman khas tersebut agar tidak punah. Dengan demikian,  anak cucu kita masih dapat menikmatinya.

Selanjutnya : Cara Mengatasi Komputer Lambat
Sebelumnya: Antivirus Avast Terbaru
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...