Pembahasan dalam Latar Belakang Masalah pada Tesis


Latar belakang masalah dalam tesis harus dituliskan dengan jelas. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mengarahkan penelitian yang akan atau tengah dilakukan. Dengan sedikit pembahasan dalam latar belakang masalah akan menjadikan pembaca memiliki gambaran terhadap isi tesis secara keseluruhan.

Isi pembahasan pada latar belakang penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan berbagai pertanyaan yang muncul terhadap penilitian yang akan dilakukan. Seberapa penting suatu permasalahan dari kaca mata Anda terkait dengan profesi maupun bidang yang Anda geluti.

Apa saja yang dimunculkan dalam pembahasan ini bergantung ke mana arah penelitian yang akan dilakukan oleh Anda sebagai penulis sekaligus peneliti. Mulai dari bagaimana Anda merasa bahwa Anda harus meneliti sebuah objek tertentu hingga menghasilkan sebuah pemikiran baru yang berupa teori dalam sebuah tesis.
Berbagai alasan yang menjadi latar belakang penelitian haruslah diungkapkan dalam pembahasan dan latar belakang penelitian. Termasuk, kesenjangan yang terdapat di lapangan yang menjadi dasar pemikiran timbulnya suatu permasalahan yang menjadi objek penelitian.Ini akan membuat latar belakang penelitian Anda menjadi semakin tajam.

Dalam pembahasan ini, diungkapkan berbagai alasan tentang alasan harus dilakukan penelitian terhadap objek permasalahan tersebut.Lebih baik lagi, jika disertakan mengenai kerugian apa yang dapat terjadi, jika permasalahan tersebut tidak diteliti. Begitupun dengan keuntungan yang akan diperolehdengan penelitaian yang Anda lakukan terhadap permasalahan tersebut.

Dalam mengungkapkankegundahan yang melatarbelakangi tesis yang ditulis dalam pembahasan, pada latar belakang hendaknya diuraikan dengan jelas. Terutama terkait dengan kedudukan permasalahan tersebut dengan bidang studi yang Anda kaji sebagai seorang peneliti dan akademisi. Dengan begitu, apa yang Anda teliti memang berhubungan dengan bidang studi yang Anda ambil.

Tips penulisan pembahasan dalam latar belakangmasalah yang sistematik, jelas dan tajam adalah adanya kemampuan mahasiswa dalam ‘membaca’. Dibutuhkan kemampuan untuk membaca dan memaknai berbagai gejala yang muncul dalam dunia akademis maupun praktis. Itulah sebabnya diperlukan wawasan dan pengetahuan yang luas mengenai permasalah yang akan Anda teliti. Baik itu yang sudah dibahas dalam berbagai jurnal ilmiah maupun hasil penelitian sejenis yang sudah dilakukan. Dengan begitu, Anda akan menghasilkan tesis yang sempurna.

Selanjutnya : Pembahasan tentang Atletik Khususnya Lari
Sebelumnya: Dampak Limbah Industri Terhadap Udara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar