Pembahasan Pengenalan Gugus Fungsi Pada Senyawa Karbon


Pembahasan pengenalan gugus fungsi pada tiap-tiap senyawa karbon ini sangat dianjurkan untuk diketahui dalam dunia farmasi. Dalam ilmu pendidikan pun sudah dipelajari agar para siswa diharapkan tahu bahan-bahan kimia itu seperti apa dan bagaimana. Senyawa karbon yang mempunyai gugus fungsi sama, disatukan menjadi satu kelompok. Dan ini adalah beberapa jenis senyawa karbon yang terdapat di dalam gugus fungsi.

  • Alkohol

Alkohol atau senyawa organik yaitu senyawa karbon yang memiliki gugus fungsi hidroksil. Dan hidroksil itu sendiri terikat pada atom karbon atau atom hidrogen.  Jenis alkohol ini yang sering disebut etanol, dalam dunia farmasi. Alkohol ini sering digunakan ke dalam beberapa jenis parfum, dan lain sebagainya. Alkohol yang tidak memabukkan. Alkohol juga terbagi ke dalam 3 jenis, yaitu:
1.    Primer
2.    Sekunder
3.    Tersier

  • Eter

Eter di sebut juga senyawa organik yang memiliki gugus R-O-R. eter sering kita temui dalam kimia organi dan biokimia, karena gugus ini penghubung antara senyawa karbohidrat dan lignin. Eter tidak bisa disamakan dengan gugus yang lain walaupun sejenis.

  • Alkanal

Alkanal adalah senyawa organik yang mempunyai gugus fungsi karbonil yang terikat pada karbon dan hidrogen. Alkanal juga di sebut sebagai aldehid. Dan contoh senyawa alkanal ini seperti yang sering kita dengar, yaitu formalin. Kemungkinan juga terdapat di boraks dan sejenisnya.

  • Keton

Keton adalah gugus fungsi senyawa karbonil yang terhubung dengan dua atom karbon. Nama keton yang sering kita dengar dalam bahasa kimia adalah aseton dan benzofenon.

  • Asam karboksilat

Asam karboksilat disebut juga asam alkanoat, yaitu gugus fungsi alifatik. Senyawa ini adalah gabungan antara karbonil dan hidroksil, dan memiliki banyak gugus fungsi.

  • Ester

Ester adalah senyawa organik yang terbentuk dari atom hidrogen pada gugus karbonil. Senyawa ini sering digunakan untuk member aroma buah pada makanan atau produk lainnya, karena ester memang mempunyai bau seperti aroma buah.

Senyawa-senyawa gugus fungsi atau senyawa organik di atas adalah beberapa dari sekian banyak jenis senyawa gugus organik. Masih banyak yang lainnya yang tidak bisa desebutkan semua. Dalam ilmu kimia ini, banyak sekali harus kita ketahui dalam dunia farmasi. Untuk itu, pembahasan pengenalan gugus fungsi  ini sangat penting kita ketahui agar bisa membedakan antara senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya.

Selanjutnya : Pendidikan Masa Orde Baru dalam Konteks Kekinian
Sebelumnya: Pelanggaran Etika Bisnis Petronas dan Solusinya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar