Metode Pembelajaran Menyenangkan untuk Anak SD


Pembelajaran Menyenangkan untuk Anak SD tentunya beragam. Baik itu dengan bercerita, games yang edukatif, metode ceramah, kuis, dan lain sebagainya. Saat proses menuntut ilmu ini, sekolah tentunya harus menjajakan metode-metode apik nan menarik guna penunjang keberhasilan proses belajar mengajar siswa.  Metode yang efektif akan menghasilkan feedback yang “mencengangkan”. Ya, selain siswa dapat mengantongi nilai jempolan, kualitas sang guru pun akan semakin tak terbantahkan.  Di usia Sekolah Dasar-nya, metode yang kerap disenangi siswa yaitu melalui tantangan yang memancing pergerakan psikomotorik dan rasa ingin taunya. Games-games yang edukatif terbilang efektif dalam menyampaikan pesan pembelajaran karena cenderung terhindar dari kebosanan. Selain gemar “bermain”, kebanyakan dari anak-anak pun gemar mendengarkan dongeng. Dalam hal ini menjadi suatu kesempatan bagi para pengajar untuk menyajikan cerita apik terkait materi pembelajaran yang tengah dibahas.

Pembelajaran dengan cara yang menyenangkan yang tak kalah memberikan dampak luar biasa yaitu melalui kuis. Daya ingat siswa makin terasa atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dalam mengulang pemahamannya terhadap materi. Lebih efektif lagi, kuis ini terbentuk atas beberapa kelompok sehingga adanya kerjasama antar siswa dalam menunjukkan prestasi terbaik mereka. Sistem perlawanan yang sehat ini akan semakin menunjukkan antusismenya dalam menyerap ilmu tanpa suasana yang kaku.

Meski terdengar “klasik”, metode ceramah masih digemari siswa. Hampir sama dengan mendongeng, metode ini berupa pemaparan materi yang memerlukan konsentrasi indera pendengaran dan kemampuan daya pikir siswa dalam “memfantasikan” apa yang ia serap. Bedanya, metode mendongeng akan memberikan daya imajinasi yang tinggi karena banyak abstraksi tokoh yang dimunculkan dalam dongeng tersebut baik dongeng dengan tokoh binatang, Super Hero, dan lain sebagainya yang memancing ketertarikan siswa dalam menyerap esensi materi yang disampaikan.

Pembelajaran menyenangkan untuk Anak SD sangat berpengaruh pada semangat belajarnya. Seorang guru perlu meningkatkan kreativitasnya tanpa bosan agar indahnnya belajar makin tak ter-elakkan. Untuk membangun sebuah chemistry dengan siswa, salah satunya melalui metode pembelajaran yang piawai dalam menciptakan “gudang keceriaan” dalam sebuah kelas. Meski antusiasme anak tak seragam, kecerdasan seorang guru dalam menyajikan sebuah metode pembelajaran tentunya dapat menyulap suasanan kelas yang atraktif, inovatif, dan membuat para siswa betah mengikuti setiap alur pembelajaran.

Selanjutnya : Kayu yang Bagus untuk Kitchen Set dan Material yang Wajib Anda Ketahui
Sebelumnya: Pendidikan Anak Usia 11 Tahun
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar