Pembuatan Makanan Dan Minuman Yang Menggunakan Proses Kimia


Saat kita akan membuat sebuah makanan dan minuman, tentunya kita telah mempersiapkan beragam jenis bahan terlebih dahulu. Bahan tersebut ada yang terbuat dari bahan alami, ada pula yang terbuat dari bahan buatan atau kimia. Pembuatan makanan dan minuman yang menggunakan proses kimia biasanya dilakukan di industri makanan atau minuman kalengan/kemasan.

Dalam sebuah makanan dan minuman kaleng/kemasan biasanya kita akan menemukan tanggal kadaluarsa pada bagian bawah kaleng. Tanggal tersebut menunjukan bahwa jika kita mengonsumsi makanan atau minuman tersebut setelah melewati batas waktu yang tertulis, maka kita juga ikut mengonsumsi mikroba jahat yang terdapat di dalamnya. Dapat dipastikan kita bisa mengalami berbagai gejala penyakit.

Gelaja tersebut mulai dari yang paling ringan seperti sakit perut, diare, muntah, bisa juga terjadi hal serius seperti kejang-kejang, bahkan ada yang sampai meninggal, karena makanan/minuman yang dikonsumsi tersebut telah menjadi racun bagi tubuh kita.

Makanan kaleng memiliki tanggal kadaluarsa yang sangat panjang, mulai dari 1 hingga 5 tahun, tergantung kuatnya unsur kimia yang digunakan sebagai pengawet. Biasanya makanan tanpa pengawet hanya bisa bertahan 1 hingga 2 hari saja, sedangkan makanan kaleng sangat bertahan lama.

Pembuatan makanan dan minuman yang menggunakan proses kimia memang memiliki daya tahan yang lama, hal tersebut untuk meminimalisasi kerugian dari pihak produsen yang membuat, semakin lama suatu makanan bertahan, maka semakin lama juga proses distribusi produk bisa dilaksanakan.

Maka dari itu produsen makanan beramai-ramai menggunakan produk pengawet yang dapat memperkuat produk mereka. Jadi sebagai konsumen, kita harus benar-benar jeli untuk tidak mengonsumsi makanan yang diawetkan terlalu sering.

Karena hal tersebut tak akan menyehatkan bagi tubuh kita. Justru pengawet yang terlalu banyak akan membuat kita keracunan makanan. Sebaiknya pilihlah makanan segar yang tidak mengandung pengawet. Kita bisa mengolah makanan dan minuman yang kita inginkan sendiri untuk memastikan tidak ada pengawet buatan yang hinggap di tubuh kita.

Pembuatan makanan dan minuman yang menggunakan proses kimia harus kita sikapi dengan sebaik mungkin, agar tercipta kehidupan yang sehat dan lebih baik. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Contoh Masalah Internasional yang Diselesaikan Oleh Lembaga Peradilan Internasional
Sebelumnya: Sejarah Kerajaan Majapahit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar