Pembuatan NPWP Pribadi Online


Perkembangan teknologi yang semakin menjamur membuat masyarakat diberikan berbagai kemudahan, termasuk dalam pembuatan NPWP pribadi online.

Sistem pendaftaran wajib pajak ini bisa dilakukan secara online sehingga Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga hanya untuk mendatangi kantor urusan Pajak.

Jika sebelumnya Anda perlu mendatangi Kantor Pelayanan Pajak, mengikuti berbagai proses pendaftaran yang cukup lama, dan berbagai hal lain yang mungkin akan menyita waktu Anda, maka sudah waktunya Anda untuk membuat NPWP dengan sistem pendaftaran online.

Sistem pendaftaran online yang merupakan bagian dari sistem aplikasi dan informasi perpajakan di lingkungan Direktorat Jenderal pajak ini bisa diakses dengan memasukkan link “ereg.pajak.go.id”.

Dalam membuat NPWP, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti halnya penyerahan fotokopi identitas, pengisian formulir permohonan, dan lain sebagainya. Namun, pembuatan NPWP pribadi online lebih mudah dibandingkan dengan pembuatan NPWP untuk suatu instansi atau lembaga.

Setelah memiliki semua persyaratan yang dibutuhkan, Anda tinggal masuk ke link yang sudah disebutkan di atas. Jika Anda belum memiliki akun pribadi, buatlah akun dengan mengklik menu “daftar”. Setelah itu, isilah data yang diminta dan kemudian masukkan kode verifikasi.

Setelah itu, klik menu “buat” pada bagian kanan bawah layar komputer Anda dan kembali ke menu “e-reg npwp” untuk memasukkan nama pengguna dan kata kunci yang sebelumnya telah Anda buat.

Setelah itu, pilih menu “registrasi” dengan memilih registrasi untuk pribadi yang terletak di bagian paling atas. Isilah data yang diminta secara lengkap dan mencentang setiap kotak atau lingkaran yang diminta untuk dicentang (bila diperlukan).

Klik menu “daftar” untuk mencetak “Surat Keterangan Terdaftar Sementara (SKTS)” yang dibutuhkan saat Anda mendatangi kantor pelayanan pajak untuk melakukan validasi dan pencetakan kartu NPWP. Jangan lupa untuk membawa beberapa dokumen persyaratan pendaftaran untuk mempermudah Anda mendapatkan kartu NPWP.

Sistem pendaftaran ini memang tidak sepenuhnya membuat Anda terbebas dari kewajiban untuk mendatangi Kantor Perpajakan.

Namun, setidaknya Anda bisa menghemat waktu pada tahap awal pembuatan kartu NPWP dengan pembuatan NPWP pribadi online seperti ini bukan?

Selanjutnya : Koran Detik Com
Sebelumnya: Komentar untuk Berita Politik Bersifat Ambigu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar