Cara Pembuatan NPWP Pribadi


Apakah Anda familiar dengan istilah NPWP? Apakah Anda tahu bagaimana pembuatan NPWP pribadi?

Saat ini, istilah NPWP bukan lagi hal asing di kalangan masyarakat. Hal ini karena gencarnya pemberitaan yang dikeluarkan Dirjen Pajak melalui iklan mengenai kewajiban bagi warga untuk memiliki NPWP.

Sebenarnya, Apa sih kepanjangan dari NPWP? Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan kepanjangan dari NPWP. NPWP biasanya dipergunakan oleh beberapa orang sebagai media untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan administrasi pajak dan hak bagi wajib Pajak.

Cara Membuat NPWP

Mengingat Pentingnya NPWP, tentunya Anda juga ingin tahu bagaimana cara membuat npwp? NPWP bisa dilakukan secara online maupun offline. Agar lebih jelasnya, berikut ini cara membuat NPWP  pribadi secara online:

• Klik website-nya dihttp://ereg.pajak.go.id/ereg/wp/Login.do

• Buatlah account baru untuk membuat user ID&password.

• Isi semua pertanyaan yang ada di form. Bagi Anda yang baru membuat NPWP, Anda bisa menjawab saja tidak, dan yang lain cukup dikosongkan.

• Lalu, submit form (online).

• Setelah form terkirim, Anda akan langsung mendapatkan nomor NPWP sementara.

• Cetak nomor NPWP sementara tersebut, lalu bawa dokumen dan nomor NPWP sementara ke kantor pajak.

• Anda bisa menukarkan print out-nya dengan no NPWP yang asli.

Nah cukup mudah kan cara membuat NPWP, hanya 10 menit mengisi secara online dan 10 menit pula untuk menukarkannya dengan yang asli. Jadi, “kalau Anda gak punya NPWP, apa kata dunia?”

Namun, jika Anda masih bingung dengan cara mendaftar secara online, Anda bisa mendaftar secara offline, yakni dengan mendatangi kantor pajak. Langkah yang harus ditempuh untuk membuat npwp pribadi secara manual sangatlah sederhana. Yang harus Anda persiapkan adalah Kartu Tanda Penduduk atau KTP/SIM dan surat keterangan domisili/tempat tinggal dari kelurahan, lalu fotocopy dan bawa ke kantor pajak setempat.

Di sana, Anda akan diberi formulir yang berisi tentang data-data yang harusAnda isi, misalnya data diri, tempat tanggal lahir, pekerjaan, alamat, dan lain-lain. Namun, yang pasti harus diisi dengan benar adalah data penghasilan Anda setiap tahunnya, karena data inilah yang akan menentukan besar kecilnya pajak yang akan Anda bayar. Kemudian, serahkan kepada petugas, dan NPWP siap menjadi milik Anda.

Demikianlah cara pembuatan NPWP pribadi. Bagaimana, sudah siap memiliki NPWP?

Selanjutnya : Membuat Contoh Kata Pengantar Skripsi
Sebelumnya: Contoh Kasus Psikologi Eksperimental
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar