Pemilihan Presiden Langsung oleh Rakyat Pertama Kali di Indonesia


Pemilihan Presiden langsung oleh rakyat pertama kali terjadi di Indonesia pada tahun 2004.  Tepatnya tanggal  20 September 2004, untuk pertama kalinya rakyat Indonesia memilih Presiden dan wakilnya secara langsung.

Pada pemilihan Presiden maupun Wakilnya sebelumnya, keduanya tidak dipilih langsung oleh rakyat, tetapi  oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Pemilihan Presiden (Pilpres) yang langsung dipilih rakyat ini adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat. Rakyat memiliki otoritas untuk memilih sendiri siapa kandidat yang dianggap terbaik untuk jadi memimpinnya.

Tak seperti sebelumnya pemilihan presiden diwakilkan oleh MPR dimana di dalamnya termasuk pula anggota DPR dan anggota DPD yang terpilih lewat Pemilu.

Setelah reformasi, undang-undang pemilihan Presiden banyak mengalami revisi, tonggaknya adalah lahirnya undang-undang pada tahun 2003 yang menetapkan Pilpres langsung oleh rakyat.

Presiden tak lagi dipilih oleh MPR, tetapi langsung oleh rakyat. Ketentuan ini tercantum dalam Undang-undang No. 23 tahun 2003 tentang  pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, yang mana rakyat memiliki kebebasan penuh untuk memilih secara langsung Presiden dan Wakilnya tanpa diwakilkan oleh siapa pun. Pemilihan tersebut  juga berdasarkan asas bebas, rahasia, jujur dan adil.

Pemilihan Presiden dan wakilnya secara langsung oleh rakyat di tahun 2004 tersebut merupakan pemilihan Presiden RI yang keenam. Ketika itu Presiden dan wakilnya yang terpilih adalah Susilo Bambang Yudhoyono dan M. Jusuf Kalla.

Hingga saat tulisan ini dibuat, Indonesia telah melaksanakan Pemilu Presiden secara langsung sebanyak 2 kali, yakni pada tahun 2004 dan 2009. Pada Pemilu Presiden 2009, Presiden dan wakilnya yang terpilih adalah Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono.
Tercatat 6 nama yang pernah menjabat sebagai Presiden RI, mereka adalah:

1. Ir. Soekarno
2. M. Soeharto
3.   Bacharuddin Jusuf Habibie
4. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)
5. Megawati Soekarno Putri
6. Susilo Bambang Yudhoyono

Pemilihan Presiden langsung oleh rakyat pertama kali berjalan dengan cukup lancar dan mulus. Begitu juga yang kedua. Hal ini tentu patut diacungkan jempol, mengingat Indonesia masih baru dalam melaksanakan Pilpres secara langsung ini.   Peristiwa Pilpres pertama tersebut  juga menjadi catatan sejarah bagi bangsa Indonesia.

Selanjutnya : Penemu Angka Nol
Sebelumnya: Umi Kultsum, Penyanyi Lagu Irama Padang Pasir yang Merdu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar