Pemimpin Dunia yang Patut Dicontoh

Para politisi yang akhirnya terpilih menjadi presiden suatu negara, terkadang tidak sesuai kenyataan dengan janji yang dibuatnya semasa pemilu. Banyak yang tidak dapat berbuat apa-apa dan membawa perubahan yang berarti pada kesejahteraan rakyatnya. Namun, tidak sedikit yang berhasil membuat gebrakan dan bermanfaat bagi rakyatnya. Cara hidup dan perilakunya patut dijadikan contoh bagi rakyat dan pemimpin dunia lainnya.

Pemimpin Negara Pembawa Perubahan

Para pemimpin yang terkenal sederhana dan membawa perubahan pada negaranya adalah sebagai berikut.

1. Hugo Chavez, Pemimpin Venezuela

Hugo Chavez membawa perubahan pada sumber daya alam, yang berupa minyak dengan menasionalisasikan dan dikelola oleh negara. Semula, sumber daya alam tersebut dikelola oleh Amerika dan antek-anteknya. Setelah berhasil diambil, kemudian dikelola oleh ahli perminyakan di negara tersebut.

2. Evo Morales, Pemimpin Bolivia

Sama seperti pemimpin Venezuela, Evo Morales berhasil mengambil sumber daya alamnya berupa minyak dan dikembalikan kepada rakyat Bolivia. Sehingga, rakyat Bolivia yang saat itu miskin, sedikit demi sedikit berhasil meningkatkan taraf hidupnya. Bolivia bukan negara besar, tetapi semangat nasionalisme rakyatnya sangat besar.

Bila dilihat dari semangat nasionalismenya tidak beda dengan Indonesia, rakyat di negara kita tidak kalah bila menyangkut nasionalisme. Lalu, mengapa kita tidak berhasil mengambil sumber daya alam yang melimpah tersebut? Lalu siapa yang salah? Semoga pemimpin Indonesia bisa terinspirasi dengan para pemimpin hebat ini.

3. Mahmoud Ahmadinejad Pemimpin Iran

Beliau selama memimpin tidak pernah mau pemerintahannya didikte oleh Amerika dan anteknya. Sehingga, Iran menjadi negara yang berdiri kokoh tanpa negara barat dan berdaulat secara politik, militer, teknologi, dan ekonomi. Hidupnya sederhana dan tidak bermewah-mewah. Gajinya sebagai presiden, sebagaian besar disumbangkan kepada rakyatnya.

Memilih Pemimpin yang Benar

Sebentar lagi, Indonesia akan mengadakan Pemilu/pemilihan presiden RI pada tahun 2014. Ingatlah, jangan sampai kita terjebak oleh ocehan politisi, yang menjanjikan perubahan tanpa memperlihatkan prestasi yang jelas.

Jangan sampai kita memilih pemimpin yang mementingkan kepentingan partai atau dirinya sendiri. Bagi kita rakyat Indonesia yang mulai paham dengan perilaku para pemimpin yang bertopengkan pertapa bijakasana dan dermawan, harus pintar-pintar memilih pemimpin yang baik dan benar.

Demikianlah informasi mengenai pemimpin dunia yang istimewa ini. Semoga tulisan ini berguna bagi para pembaca semua sehingga kita tahu dan mengerti harus memilih pemimpin seperti apa. Seorang pemimpin yang mampu menjalankan amanah kepada rakyatnya.

Selanjutnya : Membandingkan Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios
Sebelumnya: Mengetahui Fungsi Sayur Sawi Hijau
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini