Batas Pemisahan Eropa dan Asia


Benua Eropa merupakan benua terkecil kedua setelah Australia. Benua Asia adalah salah satu benua terbesar yang terdiri dari banyak negara. Benua ini memilki populasi terpadat di dunia. Jila dilihat di peta, Benua Eropa dan Asia sebenarnya seperti menyatu, apalagi jika tidak ada garis pemisah.

Pemisahan Eropa dan Asia terkadang masih terasa kabur karena kedua benua tersebut tidak dipisahkan oleh laut, tetapi saling berbatasan di daratan. Terkadang sulit memisahkan apakah suatu kawasan termasuk Eropa atau Asia terutama pada wilayah-wilayah yang tepat berada di perbatasan.

Beberapa wilayah yang dijadikan pemisah atau batas antara Eropa dengan Asia adalah sebagai berikut.

1. Laut Hitam

2. Laut Kaspia

3. Selat Bosporus

4. Pegunungan Kaukasus

5. Sungai Ural atau Sungai Emba

6. Pegunungan Ural

7. Dardanella

8. Laut Marmara

Batas-batas wilayah tersebut memisahkan antara kawasan Eropa dan Asia. Meskipun memiliki batas berupa daratan dan jarak perbatasan tersebut tidak jauh, kedua benua memiliki perbedaan yang cukup mencolok, mulai dari perekonomian.

Umumnya negara-negara di benua Eropa adalah negara-negara maju yang sudah memiliki berbagai fasilitas negara maju, sedangkan benua Asia didominasi oleh negara-negara berkembang. Beberapa negara di benua Eropa pernah menjajah beberapa negara di Asia. Salah satu negara yang pernah dijajah oleh negara-negara Eropa adalah Indonesia.

Negara Eropa yang paling lama menjajah Indonesia adalah Belanda. Penduduk benua Eropa juga didominasi oleh penduduk berkulit putih, sedangkan Asia didiami oleh penduduk dengan warna kulit yang bervariasi.

Akan tetapi, perbedaan-perbedaan tersebut tidak menciptakan permusuhan di antara penduduk benua Eropa dan benua Asia. Walaupun memiliki sejarah penjajahan, justru banyak terjalin kerjasama antara negara di Eropa dan negara di Asia.

Mulai dari kerja sama ekonomi, pendidikan, budaya, kesehatan, dan berbagai jenis kerja sama lainnya.

Informasi mengenai batas pemisahan Eropa dan Asia serta perbedaan dan kerja sama kedua benua diharapkan bisa banyak membantu kebutuhan pengetahuan banyak pembaca.

Selanjutnya : Model Rambut : Pemilihan Model untuk Pria
Sebelumnya: Makanan untuk Pasien Diabetes Militus
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar