Pemisahan Unsur-Unsur Kimia


Ada banyak unsur kimia dalam suatu campuran. Unsur kimia tidak semuanya bermanfaat atau dibutuhkan. Oleh karena itu, ada banyak campuran kimia yang tidak bisa langsung digunakan dan harus dipisahkan unsur-unsurnya terlebih dahulu.

Pemisahan unsur-unsur kimia dari berbagai jenis campuran terdiri dari beberapa jenis. Proses pemisahan tersebut di antaranya adalah pemisahan heterogen (untuk campuran heterogen) dan pemisahan homogen (untuk campuran homogen).

1. Pemisahan heterogen terdiri dari pemisahan sentrifugal, filtrasi, dan sedimentasi. Pemisahan sentrifugal bertujuan untuk memisahkan bentuk padatan dalam jumlah kecil.

Cara kerjanya menggunakan gaya gravitasi bumi. Pemisahan sedimentasi dilakukan dengan cara pengendapan. Sedangkan pemisahan filtrasi adalah proses pemisahan dengan melakukan proses penyaringan. Ukuran penyaringan sendiri bergantung pada ukuran campuran yang akan dipisahkan dengan cara disaring.

2. Pemisahan homogen terdiri dari pemisahan kromatografi, evaporasi, kristalisasi, absorpsi, ekstraksi, pengeringan, destilasi, dan sublimasi.Pemisahan kromatografi bergantung pada kecepatan dari pelarutan suatu campuran.

Bila suatu unsur dalam campuran cepat larut, proses pemisahan pun akan semakin cepat. Dalam pemisahan kristalisasi, sama seperti namanya, artinya akan terjadi proses pengkristalan pada akhirnya.

Ketika campuran yang akan dipisahkan unsur-unsurnya itu dipanaskan, akan muncul kristal-kristal pada hasil akhirnya sehingga unsur yang dibutuhkan dapat diambil. Kristalisasi banyak dilakukan dalam proses pembuatan garam.

Pemisahan sublimasi atau penyubliman merupakan proses pemisahan dengan cara menguapkan zat padat atau sebaliknya memadatkan zat berupa uap menjadi padat. Pemisahan pengeringan tentunya sudah jelas dengan cara mengeringkan campuran yang unsur-unsurnya akan dipisahkan.

Sebagian pemisahan campuran untuk mendapatkan unsur-unsur kimia yang dibutuhkan harus dilakukan oleh orang-orang yang ahli di bidangnya. Hal ini disebabkan memerlukan peralatan serta zat kimia lain yang cukup sulit didapatkan. Namun, ada juga proses pemisahan yang tanpa disadari sudah sering digunakan.

Hanya saja, banyak yang mungkin belum mengetahui istilah pemisahan yang dilakukan tersebut. Contohnya pada pembuatan garam yang menggunakan pemisahan dengan cara kristalisasi.

Uraian mengenai pemisahan unsur-unsur kimia di atas diharapkan bisa memberi sedikit informasi mengenai istilah-istilah pemisahan campuran untuk mendapatkan unsur-unsur kimia yang dibutuhkan.

Selanjutnya : Estimasi Biaya Pendaftaran Magister Unpad 2013
Sebelumnya: Mengenal CC Megapro Sebagai Motor Besar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar