Pemuliaan Pohon Seleksi Alam

Pemuliaan pohon seleksi alam merupakan proses di mana dikembangkannya suatu sifat-sifat tertentu yang lebih disukai. Biasanya sifat-sifat yang dikembangkan tersebut antara lain pohon dengan tinggi yang unggul, memiliki diameter pohon yang lebar, batangnya lurus dan tidak melilit maupun bengkok. Selain itu juga memiliki percabangan yang baik yakni mendatar dan ringan, tajuknya yang sempit, bentuknya baik serta padat. Tahan terhadap penyakit dan hama, memiliki kualitas yang yang bagus, serta tahan kekeringan.

Keefektifan seleksi alam ini hanya terdapat pada sifat yang dipengaruhi oleh susunan genetik atau sifat genetik. Terutama pada sifat additive misalnya saja bentuk pohon, berat jenis, tinggi pohon, dan lainnya. Proses seleksi biasanya dilakukan dalam hutan tanaman maupun tegakan hutan yang memiliki lingkungan yan berbeda-beda. Karena itu, diusahakan pengaruh lingkungan tersebut dikurangi.

Loading...

Cara seleksi alam pada pemuliaan pohon dilakukan dengan berbagai tahapan. Salah satu cara untuk melakukan seleksi ialah menggunakan cara seleksi massa. Cara seleksi paling sederhana ini didasarkan pada penelitian sifat-sifat individu pohon dari suatu populasi. Cara ini digunakan pada tahap permulaan program pemuliaan. Selain itu,  ada juga aced production yang digunakan untuk menetapkan pohon induk yang memiliki sifat-sifat unggul.

Seleksi massa pohon pada daerah penghasil biji dilakukan dengan mengumpulkan  biji dari induk yang unggul. Setelah itu, dilakukan penanaman di dalam hutan tanaman. Anak semai tidak dipisahkan menurut pohonnya. Jika ia memiliki sifat yang heriditasnya tinggi, maka hasilnya akan sama dengan hasil dari program yang tingkat pemuliaannya lebih rumit.

Pengumpulan biji pohon seleksi dilakukan dengan mengumpulkannya dari berbagai hasil penyerbukan bebas yang dilakukan. Bisa juga dari hasil penyerbukan terkontrol. Pada penyerbukan bebas, biji-bijinya akan dikumpulkan dari induk yang telah diseleksi lalu ditanam kembali di suatu kebun yang dinamai kebun biji F1.

Penanamannya dilakukan dengan jarak yang lumayan panjang agar bisa mendapatkan pohon terbaik. Setelah itu, baru dikumpulkan untuk bisa menanam generasi pohon F2. Cara pemuliaan pohon seleksi alam ini tergolong murah. Kemajuan genetik bisa menjadi besar jika ini dilakukan dalam jumlah yang besar.

Loading...
Selanjutnya : Beberapa Website Download Lagu yang Bisa Diplay
Sebelumnya: Mengenal Alat Penyiram Tanaman Plastik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar